Islam Abror,, Muhammad Fajrul (2024) Strategi Pemasaran Bawang Goreng Barta Melalui Sosial Media Di Desa Blado Kulon Kecamatan Tegalsiwalan. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Muhammad Fajrul Islam Abror .pdf Download (3MB) |
Abstract
Muhammad Fajrul Islam Abror, Moch. Chotib, 2024: Strategi Pemasaran Bawang Goreng Barta Melalui Sosial Media Di Desa Blado Kulon Kecamatan Tegalsiwalan.
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Bawang Goreng Barta, Media Sosial.
Salah satu Home Industri yang menggunakan media sosial sebagai alat transaksi dan promosi hasil produk adalah bisnis bawang Goreng Barta yang dilakukan oleh salah satu warga di Desa Blado Kulon Kecamatan Tegal Siwalan Kabupaten Probolinggo yaitu Bapak Saniman.Bapak Saniman merupakan salah satu warga yang mengikuti pelatihan penjualan UMKM yang diselenggerakan oleh Dinas Koperasi Probolinggo. Setelah pelatihan tersebut Bapak Saniman menggunakan media sosial dalam hal pemasarannya karena strategi ini dirasa dapat memberikan penjualan yang aktif dan efisien dalam memberikan inovasi yang baru dalam dunia ekonomi.
Fokus masalah yang ada didalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Strategi Pemasaran Bawang Goreng Barta Melalui media sosial Di Desa Blado Kulon?. 2) Apa keuntungan menggunakan media sosial pada penjualan bawang goreng barta didesa blado kulon?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Strategi Pemasran Bawang Goreng Barta Melalui media sosial Di Desa Blado Kulon Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. 2) Untuk Mendeskripsikan keuntungan menggunakan media sosial pada penjualan bawang goreng barta didesa blado kulon.
Pendekatan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Sumber data primer dan sekunder merupakan sumber data yang digunakan, yang berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data tersebut yang dihasilkan lalu dianalisa dengan cara kualitatif deskriptif dan Keabsahan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu triangulasi sumber yaitu menguji kredibilitas data yang dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber.
Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa: 1) strategi pemasaran bawang goreng barta melalui media sosial adalah strategi yang digunakan penjual untuk menarik minat pelanggan, strategi ini digunakan melalui aplikasi sosial media yaitu, facebook, isntagran dan whatsaap, caranya adalah dengan meng upload gambar produk di media sosial dan memberikan deskripsi harga serta keunggulan agar konsumen tertarik dengan produk tersebut. 2) keuntungan menggunakan media sosial dalam menjual produk yaitu Peningkatan hasil penjualan, meluasnya jangkauan pasar, review dan umpan balik dari pelanggan, serta efektifitas dan efesiensi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam |
Depositing User: | Muhammad Fajrul Islam Abror |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 07:05 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 07:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38761 |
Actions (login required)
View Item |