Kamal, Dza Zulfa (2024) Implementasi Ekstrakurikuler Tilawah Dalam Meningkatkan Seni Baca Al-Qur'an di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 253 PAI 2024)
SKRIPSI DZA ZULFA 212101010005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Setiap kegiatan tidak lepas dengan adanya implementasi. Dengan implementasi, bertujuan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan implementasi ekstrakurikuler tilawah dalam meningkatkan
seni baca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Rambipuji Jember.
Berdasarkan temuan tersebut, adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi ekstrakurikuler tilawah dalam meningkatkan seni baca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Rambipuji Jember. (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran ekstrakurikuler tilawah dalam meningkatkan seni baca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Rambipuji Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun
analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Implementasi ekstrakurikuler tilawah dalam meningkatkan seni baca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Rambipuji Jember, meliputi: (a) Perencanaan, diantaranya: melakukan sosialisasi, pengumpulan data siswa, penentuan pembina, dan penentuan target dari pembina. (b) Pelaksanaan, meliputi: dilaksanakan 2 kali dalam 1 bulan pada hari Sabtu pukul 1 siang, disesuaikan dengan target pembina, pembina dan siswa duduk sejajar berhadapan langsung, dan diawali dengan tawassul, kemudian pembina memberi kunci dan penjelasan pada setiap lagu yang akan dibacakan, dan mempraktekkan ayat yang dibaca. Kemudian siswa menerapkan pada ayat Al�Qur’an. (c) Evaluasi, seperti: melakukan klasikal bersama pada tiap pertemuan kegiatan ekstrakurikuler tilawah akan berakhir dan melakukan klasikal individu pada akhir semester. (2) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran ekstrakurikuler tilawah. Diantara faktor pendukung meliputi: (a) Faktor internal yakni dari minat dari siswa dan semangat dari pembina ekstrakurikuler tilawah. (b) Faktor eksternal yakni dari dukungan orang tua. Sedangkan, faktor penghambat ekstrakurikuler tilawah adalah meliputi: (a) Faktor penghambat internal yakni pada saat mengatur pernapasan ketika pembelajaran tilawah. (b) Faktor penghambat eksternal yakni pada waktu yang cukup singkat pelaksanaan ekstrakurikuler tilawah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1904 Performing Arts and Creative Writing > 190499 Performing Arts and Creative Writing not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dza Zulfa Kamal |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:12 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 07:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38767 |
Actions (login required)
View Item |