Manajemen Kurikulum Dalam Mengembangkan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Tegaljati Sumberwringin Bondowoso

Cahya Wulandari, Meinggita (2024) Manajemen Kurikulum Dalam Mengembangkan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Tegaljati Sumberwringin Bondowoso. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS INGGIT WATERMARK1.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Wulandari, Meinggita Cahya, 2024. Manajemen Kurikulum dalam Mengembangkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Tegaljati Sumberwringin Bondowoso. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. St. Rodliyah, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Zainal Abidin, M.S.I.
Kata Kunci : Manajemen; Kurikulum; Mutu Pembelajaran; Madrasah.
Manajemen kurikulum merupakan program pengajaran mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum. Perencanaan dan pengembang kurikulum nasional pada umumnya telah dilakukan oleh Departemen Pendidikan Nasional pada tingkat pusat. Karena itu level madrasah yang paling penting adalah bagaimana merealisasikan dan menyesuaikan kurikulum tersebut dengan pembelajaran. Di samping itu, madrasah juga bertugas dan berwenang untuk mengembangkan kurikulum, sehingga proses belajar mengajar dapat dilaksanakan secara efektif dan efesien.
Fokus penelitian ini membahas tentang, (1) Bagaimana perencanaan kurikulum dalam mengembangkan mutu pembelajaran di MTs Raudlatul Ulum? (2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum dalam mengembangkan mutu pembelajaran di MTs Raudlatul Ulum? (3) Bagaimana evaluasi kurikulum dalam mengembangkan mutu pembelajaran di MTs Raudlatul Ulum?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mesdeskripsikan perencanaan kurikulum dalam mengembangkan mutu pembelajaran di MTs Raudlatul Ulum, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum dalam mengembangkan mutu pembelajaran di MTs Raudlatul Ulum, (3) mendeskripsikan evaluasi kurikulum dalam mengembangkan mutu pembelajaran di MTs Raudlatul Ulum.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Tegaljati Sumberwringin Bondowoso. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasif, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan kurikulum yang dilakukan oleh MTs Raudlatul Ulum untuk mengembangkan mutu pembelajaran adalah dengan membentuk tim pengembang kurikulum yang diamanahkan untuk merumuskan struktur kurikulum dengan mengikuti pedoman implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka sesuai dengan praturan perundang-undangan yang berlaku serta perenacanaan kurikulumnya dilakukan di awal tahun pembelajaran. 2) Pelaksanaan kurikulum dalam mengembangkan mutu pembelajaran di MTs Raudlatul Ulum dilakukan dalam beberapa tahapan, mulai dari penyesuaian dengan dengan kalender Pendidikan, sosialisasi kepada tenaga pendidik dari rumusan kurikulum yang sudah direncanakan sampai pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode-metode tertentu yang diawasi dan dikoordinasikan oleh tim dan kepala madrasah 3) Evaluasi kurikulum dalam mengembangkan mutu pembelajaran di MTs Raudlatul Ulum dilakukan dengan mengevaluasi kurikulum secara koordinatif antara madrasah dan pesantren, yang meliputi: a) evaluasi konteks kurikulum, b) evaluasi input kurikulum, c) evaluasi proses kurikulum dan d) evaluasi produk kurikulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M.Pd Meinggita Cahya
Date Deposited: 27 Dec 2024 07:06
Last Modified: 27 Dec 2024 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38857

Actions (login required)

View Item View Item