Cahyani, Elvina (2024) Pola Komuniksi Musyrifah dalam Meningkatkan Karakter Disiplin terhadap Mahasantri Ma'had Al-Jami'ah UIN KHAS JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
ELVINA CAHYANI_201103010025.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pola Komunikasi, Musyrifah, Karakter Disiplin, mahasantri,Ma’had Al-Jami’ah.
Karakter disiplin merupakan salah satu nilai penting dalam pembentukan kepribadian mahasantri sebagai generasi yang berakhlak dan bertanggung jawab. Peran musyrifah sebagai pembimbing dan pendamping mahasantri sangat strategis dalam proses ini, terutama melalui pola komunikasi yang efektif dan nantinya dapat meningkatkan perubahan karakter disiplin terhadap mahasantri.
Dalam penelitian ini terdapat dua fokus penelitian yaitu : 1) Bagaimana pola komunikasi yang disampaikan musyrifah (wali pendamping santri) dalam meningkatkan karakter kedisiplinan terhadap mahasantri Ma’had Al- Jami’ah UIN KHAS Jember. 2)Apa hambatan komunikasi yang dialami oleh musyrifah dalam meningkatkan karakter disiplin mahasantri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi musyrifah dalam meningkatkan karakter disiplin pada mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah UIN KHAS Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan musyrifah dan mahasantri, serta dokumentasi. Lokasi penelitian ini berada di Ma’had Al-Jami’ah UIN KHAS Jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi musyrifah meliputi komunikasi Organisasi, komunikasi kelompok, dan komunikasi interpersonal. Pendekatan yang digunakan mencakup metode persuasif, dialogis, dan pemberian nasihat secara baik yang bisa diterima oleh mahasantri.
Implementasi pola komunikasi ini terbukti efektif dalam meningkatkan kedisiplinan mahasantri, yang tercermin dalam kepatuhan mereka terhadap aturan ma’had, pengelolaan waktu, serta tanggung jawab dalam ibadah dan kegiatan akademik. Faktor pendukung utama keberhasilan ini meliputi hubungan emosional yang baik antara musyrifah dan mahasantri, lingkungan ma’had yang kondusif, serta penerapan sanksi dan penghargaan secara proporsional.
Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembinaan karakter disiplin berbasis pola komunikasi Islami, yang dapat diimplementasikan di lingkungan pendidikan berbasis Ma’had Al-Jami’ah lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Elvina Cahyani |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 09:10 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 09:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38880 |
Actions (login required)
View Item |