Shobah, Ikrimah Sakinah Qothrun Nada (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Materi Jajargenjang di SMP 6 Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI_IKRIMAH_WM_compressed.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan matematika merupakan komponen penting dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi menggunakan simbol, berpikir kritis, dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Namun, metode pembelajaran tradisional sering kali kurang efektif dalam membantu siswa memahami konsep abstrak, seperti geometri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Scrapbook yang valid, efektif dan praktis serta menilai pengaruhnya terhadap pemahaman siswa pada materi jajargenjang di SMP 6 Situbondo. Pendekatan penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahapan analisis melibatkan identifikasi kebutuhan melalui angket, wawancara, dan analisis kurikulum. Pada tahap desain, media Scrapbook dirancang dengan konten yang relevan dan visual yang menarik. Tahap pengembangan dilakukan dengan pembuatan produk menggunakan aplikasi PowerPoint dan Flipbook, yang kemudian divalidasi oleh para ahli. Implementasi dilakukan melalui uji coba skala kecil (4 siswa) dan uji coba lapangan (15 siswa) untuk mengukur keefektifan media. Pada tahap evaluasi, media direvisi berdasarkan hasil uji coba dan masukan validator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Scrapbook sangat valid dengan rata-rata persentase validasi 90%. Media ini Sangat Praktis dimana perolehan angket kebutuhan 83 % juga hasil dari uji coba pertama dan uji coba lapangan sudah memenuhi kriteria Kepraktisan. Media ini juga dinyatakan Sangat Efektif dimana hasil dari angket evaluasi 86% dinyatakan Sangat Efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep jajargenjang, menarik minat belajar, dan memotivasi siswa melalui pendekatan kreatif. Scrapbook juga mempermudah siswa memahami materi geometri yang abstrak serta mendukung pembelajaran kolaboratif. Dengan demikian, media pembelajaran ini layak digunakan sebagai alat bantu inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran, dan Scrapbook |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ikrimah sakinah Qothrun Nada Shobah |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 06:44 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 06:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38951 |
Actions (login required)
View Item |