Pengaruh Media Pembelajaran Rotar (Roda Putar) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP.Negeri 02 Sukodono Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024

Ardhia Putri, Della (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Rotar (Roda Putar) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP.Negeri 02 Sukodono Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Khiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dela Regita A.P_202101090060_compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa dengan
pembelajaran formal seperti IPS sering terkendala metode monoton dan media
yang kurang interaktif, menyebabkan hasil belajar siswa rendah, Sehingga dalam
konsep pembelajaran perlu adanya inovasi yaitu dengan adanya penggunaan
media pembelajaran sebagai penunjang belajar. Media pembelajaran inovatif,
seperti roda putar, yang menggabungkan elemen visual dan interaktif, terbukti
efektif meningkatkan motivasi, pemahaman, dan hasil belajar siswa secara
signifikan. yang membuat siswa merasa jenuh dan kurang antusias mengikuti
pembelajaran ketika pembelajaran terkesan monoton di kelas, sehingga peneliti
mengangkat media pembelajaran roda putar, siswa dapat lebih memahami materi
dan meningkatkan hasil belajar. Pada media roda putar suatu bentuk alat peraga
untuk menghantarkan informasi dalam pembelajaran oleh peneliti kepada peserta
didik agar aktif ketika pembelajaran sehingga memiliki kevariasian dalam roda
putar.
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
media pembelajaran roda putar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata
pelajaran IPS di SMPN 02 Sukodono tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
quasi-exsperimental. Desain penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah
Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan pretest posttest.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 30
siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Uji instrumen
penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya
beda. Setelah itu, dilakukan uji prasyarat dan uji hipotesis dengan menggunakan
Independent Sample T-test.
Hasil analisis data menggunakan uji-t yang memperoleh nilai Sig (2-
tailed) sebesar 0,000 nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig (2- tailed) < 0,05
sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.
Artinya terdapat pengaruh media pembelajaran Roda Putar terhadap hasil belajar
siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang
tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Media Della Putri
Date Deposited: 03 Jan 2025 07:38
Last Modified: 03 Jan 2025 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39180

Actions (login required)

View Item View Item