Rohmah,, Ana Ainur (2025) PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ULUL ALBAB MANGLI JEMBER. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
tesis ana fix.pdf Download (13MB) |
Abstract
Ana Ainur Rohmah, 2024. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk Dalam Mengembangkan Bakat Peserta Didik Di Sekolah Dasar Ulul Albab Mangli Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Mu’alimin, S. Ag. M.Pd. Pembimbing II: Dr. Andi Suhardi, M.Pd.
Kata Kunci: Kecerdasan Majemuk, Bakat.
Pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk merupakan suatu pembelajaran yang penyampaian materi melalui kegiatan ekstrakuriler. Bakat peserta didik ditentukan melalui suatu media atau aplikasi yang digunakan untuk mengetahui atau mendeteksi kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik yang dilakukan oleh orang tua. Sehingga lebih memudahkan orangtua dan guru untuk mengarahkan di ekstrakurikuler sesuai dengan bakatnya. Salah satu kecerdasan yang dikembangkan adalah linguistik, logika matematika dan visual.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengembangan bakat peserta didik melalui kecerdasan logika matematika di Sekolah Dasar Ulul Albab Mangli Jember?. 2) Bagaimana pengembangan bakat peserta didik melalui kecerdasan linguistik di Sekolah Dasar Ulul Albab Mangli Jember?. 3) Bagaimana pengembangan bakat peserta didik melalui kecerdasan visual di Sekolah Dasar Ulul Albab Mangli Jember?. Tujuan penelitian ini yatu: 1) Untuk memahami dan mendeskripsikan pengembangan bakat peserta didik melalui kecerdasan logika matematika di Sekolah Dasar Ulul Albab Mangli Jember. 2) Untuk memahami dan mendeskrispikan pengembangan bakat peserta didik melalui kecerdasan linguistik di Sekolah Dasar Ulul Albab Mangli Jember. 3) Untuk memahami dan mendeskripsikan pengembangan bakat peserta didik melalui kecerdasan visual di Sekolah Dasar Ulul Albab Mangli Jember.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di Sekolah Dasar Ulul Albab Mangli Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles, Hubermen dan Jhonny Saldana yaitu: kondensasi data, menyajikan data, menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi Teknik, dan member cek.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pengembangan bakat peserta didik melalui kecerdasan matematika berkembang dengan baik, peserta didik mampu berhitung dengan cepat, berani bertanya dan menjawab soal di depan teman-teman, mampu memecahkan masalah dan menemukan solusi dari pertanyaan. 2) Pengembangan bakat peserta didik melalui kecerdasan linguistik berkembang dengan baik, peserta didik mampu berpuisi, berpidato dan pembawa acara dengan intonasi yang tepat, pandai berkomunikasi dengan teman dengan baik, mampu merangkai kata-kata atau paragraf. 3) Pengembangan bakat peserta didik melalui kecerdasan visual berkembang dengan baik, peserta didik mampu memahami pencampuran warna pada gambar, membuat gradasi warna dengan teknik kerik, mampu memvisualisasikan imajinasi dalam bentuk gambar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ANA AINUR ROHMAH |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 07:24 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 07:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39192 |
Actions (login required)
View Item |