Wulandari, Ayu (2024) Strategi Pemasaran Pada Depo Air Masak Nusa di Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (Ayu Wulandari)
Ayu Wulandari_204105020154.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi pemasaran, Bauran pemasaran (Marketing Mix)
Strategi pemasaran merupakan suatu rencana yang disusun oleh
perusahaan yang digunakan untuk memasarkan suatu produk yang dihasilkan
sampai ke tangan konsumen. Strategi pemasaran yang ada di setiap perusahaan
merupakan perencanaan secara keseluruhan yang disusun untuk mencapai target
tujuan perusahaan.
Fokus penelitian pada penelitian ini adalah : 1. Bagaimana strategi pemasaran
pada Depo Air Masak Nusa di desa Sidodadi ?, 2. Bagaimana strategi pemasaran
dalam meningkatkan volume penjualan pada Depo Air Masak Nusa di desa
Sidodadi ?, 3. Apa yang menjadi hambatan dan pendukung dalam strategi
pemasaran pada Depo Air Masak Nusa di desa Sidodadi?.
Tujuan dari penelitian ini adalah, 1. Untuk mengetahui strategi pemasaran yang
diterapkan pada usaha Depo Air Masak Nusa di Desa Sidododi, 2. Untuk
mengetahui strategi pemasaran pada volume penjualan di Depo Air asak Nusa di
desa Sidodadi, 3. Untuk mengetahui apa yang menjadi penghambat dan
pendukung strategi pemasaran pada usaha Depo Air Masak Nusa di Desa
Sidodadi.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan
menggunakan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data dengan
melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan
data dengan menggunakan trianggulasi sumber.
Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu, sebagai
berikut: 1. Produk yang diproduksi pada Depo Air Masak Nusa ini adalah air
masak yang melewati banyak tahap penyaringan. Dalam menentukan harga
pemilik mempertimbangkan proses yang dilakukan, bahan material yang
digunakan, serta menyesuaikan harga yang ada dipasaran. Tempat atau lokasi
tidak menggunakan strategi namun untuk penyaluran produk Depo Air Masak
Nusa sudah memiliki beberapa agen yang tersebar di seluruh desa dan luar daerah.
Promosi yang dilakukan yaitu melalui sosial media, menyebarkan brosur, dan
promosi dari beberapa agen melalui mulut ke mulut. 2. Strategi yang dilakukan
untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan mengenali target pasar atau
konsumen, hubungan antar penjual dan pembeli, dan dengan melakukan berbagai
promosi. 3.Penghambat yang ditemui yaitu adanya penolakan karena keraguan
masyarakat dan air matang tidak dapat tahan lama yang mengakibatkan
perubahan pada rasa. Sedangkan faktor pendukung yaitu karena adanya dukungan
dari masyarakat yang sudah mengetahui bagaiman kualitas produk dan adanya
pelayanan jasa antar jemput galon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ayu Wulandari |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 04:25 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 04:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39249 |
Actions (login required)
View Item |