Devi, Ihromatul Lashita (2024) Pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap minat belajar siswa pada topik struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII di SMPN 1 Jelbuk. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.
Text
Ihromatul Lashita Devi WM.pdf Download (5MB) |
Abstract
Ihromatul Lashita Devi, 2024: Pengaruh penggunaan metode Mind Mapping terhadap minat belajar siswa pada topik struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII di SMPN 1 Jelbuk
Kata Kunci: Mind Mapping, Minat Belajar, Struktur dan Fungsi Tumbuhan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa SMPN 1 Jelbuk, yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan metode dalam proses pembelajaran, siswa merasa kesulitan jika hanya menggunakan buku sebagai media pembelajaran, serta masih menggunakan metode pembelajaran konvensional sebagai penyampaian materi pembelajaran. Karena kurangnya minat siswa dalam pembelajaran tersebut dapat berimbas pada kurangnya minat belajar siswa pada saat penugasan. Salah satu alternatif yang diharapkan akan menjadi solusi adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping yang dapat menciptakan suasana menyenangkan selama proses pembelajaran sehingga minat belajar siswa akan meningkat.
Rumusan Msalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana pengaruh peenggunaan metode Mind Mapping terhadap minat belajar siswa pada topik struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII di SMPN 1 Jelbuk?
Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh penggunaan metode Mind Mapping terhadap penigkatan minat belajar siswa pada topik struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII di SMPN 1 Jelbuk.
Penelitian ini adalah ppenelitian Quasi Eksperiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dari populasi menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Kemudian untuk teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji Independent sampel T-test.
Kesimpulan dari penelitan ini adalah Terdapat pengaruh penggunaan penugasan mind mapping terhadap minat belajar siswa pada materi struktur dan fungsi tumbuhan siswa kelas VIII SMPN 1 Jelbuk. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji Independent Sample T-Test yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada minat belajar siswa antara kelompok siswa yang diberikan perlakuan menggunakan metode mind mapping dengan kelompok siswa yang dilakukan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan rata-rata angket minat belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 83,87% dibandingkan dengan skor rata-rata pada kelas kontrol yaitu 55,9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified |
Depositing User: | mrs Ihromatul lashita devi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 03:21 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 03:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39550 |
Actions (login required)
View Item |