Hubungan antara Self-Efficacy dengan Academic Burnout pada Mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Muhammad, Abdullah Mudli (2025) Hubungan antara Self-Efficacy dengan Academic Burnout pada Mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Abdullah Mudli.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berlatarbelakang pada fenomena yang terjadi di kalangan mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Dakwah, dari beberapa mahasiswa ada yang mengalami academic burnout. Hal ini dikarenakan tuntutan akademik yang semakin bertambahnya semester semakin kompleks, dan kurangnya keyakinan terhadap kemampuanya untuk menghadapi tuntutan belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi academic burnout adalah tinggi rendahnya self-efficacy pada mahasiswa.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara self-efficacy dengan academic burnout pada mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? Lalu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah self-efficacy memiliki hubungan dengan academic burnout pada mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan total sampel 223 mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Dakwah. Teknik pengumpulan data menggunkan skala yang berupa angket atau kuisioner. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan korelasi pearson product moment dengan bantuan SPSS 25.0 for windows.
Hasil pada penelitian ini ditemukan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat hubungan antara self-efficacy dengan academic burnout, artinya Ha (Hiotesis Alternatif) diterima dan H0 (Hipotesis Nihil) ditolak. Dan hasil korelasi mendapat nilai -0.569 yang berarti hubungan self-efficacy dengan academic burnout berada pada tingkat sedang, dan juga berkorelasi negatif. Artinya jika self-efficacy tinggi maka academic burnout rendah, begitupun sebaliknya. Adapun besar konstribusi self-efficacy terhadap academic burnout sebesar 32.3% dan 67.7% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Academic Burnout, Mahasiswa 2021, Self-Efficacy.
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Abdullah Mudli Muhammad
Date Deposited: 09 Jan 2025 06:47
Last Modified: 09 Jan 2025 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39579

Actions (login required)

View Item View Item