Anista, Yuni (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT DAN FLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI PERKEMBANGAN IPTEK MEMENGARUHI PEREKONOMIAN DI MTsN 2 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text (SK 118 TADRIS IPS 2024)
SKRIPSI YUNI ANISTA 13-04-25[1].pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Yuni Anista, 2025: Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint dan Flipbook terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Perkembangan IPTEK Memengaruhi Perekonomian di MTsN 2 Banyuwangi.
Kata Kunci: Media Pembelajaran PowerPoint dan Flipbook, Hasil Belajar.
Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di MTs Negeri 2 Banyuwangi, terdapat penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi yang digunakan oleh guru IPS. Media pembelajaran yang sering digunakan adalah media cetak yang monoton sehingga siswa menjadi bosan dan kurang dalam memahami materi yang disampaikan, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi guna meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menerapkan media pembelajaran PowerPoint dan Flipbook .
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran PowerPoint dan Flipbook pada materi Perkembangan IPTEK Memengaruhi Perekonomian di kelas VIII MTsN 2 Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran PowerPoint dan Flipbook pada materi Perkembangan IPTEK Memengaruhi Perekonomian di kelas VIII MTsN 2 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi-Experimental Design. Nonequivalent Control Group Design sama seperti pretest-posttest control group design tetapi kelompok tidak dipilih secara acak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan Purposive Sampling teknik pengambilan sampel dipilih secara sengaja berdasarkan kriteria tertentu yang sesuai dengan tujuan peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Setelah itu, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sebelum di analisis data karena berkaitan dengan teknik yang digunakan yaitu uji hipotesis dengan menggunakan Idependent Sample T-test.
Hasil analisis data dalam penelitian menggunakan Independent Sample T-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) < 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya: Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Perkembangan IPTEK Memengaruhi Perekonomian di MTs Negeri 2 Banyuwangi yang menggunakan media pembelajaran PowerPoint dan Flipbook.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Yuni Anista |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 06:38 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40228 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |