Azizah, Nur Rhofikhotul (2025) PENGARUH KONTEN INFLUENCER FASHION DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK LOKAL DI TIKTOK. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Nur Rhofikhotul Azizah_211105020038.pdf Download (9MB) |
Abstract
Kata Kunci : Konten Influencer Fashion, Kualitas Produk, Perilaku Konsumen
Influencer marketing telah menjadi strategi pemasaran yang populer di era
digital. Kepercayaan dan pengaruh yang dimiliki influencer dapat memengaruhi
keputusan pembelian konsumen. Di platform TikTok, dengan konten video yang
menarik dan jangkauan yang luas, influencer memiliki peran krusial dalam
mempromosikan produk, termasuk produk lokal. Namun, pengaruh influencer
tidak akan efektif tanpa diimbangi dengan kualitas produk yang baik. Produk yang
berkualitas, dengan fitur dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan konsumen,
akan meningkatkan kepuasan konsumen dan mendorong pembelian ulang.
Rumusan Masalah penelitian ini 1) Apakah konten influencer fashion
berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam memilih produk fashion lokal di
Indonesia? 2) Apakah kualitas produk berpengaruh terhadap perilaku konsumen
dalam memilih produk fashion lokal di Indonesia? 3) Apakah terdapat pengaruh
simultan yang signifikan dari konten influencer fashion di TikTok dan kualitas
produk terhadap perilaku konsumen dalam memilih produk fashion lokal di
Indonesia?
Tujuan Penelitian ini yakni 1) Untuk menguji pengaruh konten influencer
fashion di TikTok terhadap perilaku konsumen dalam memilih produk fashion
lokal di Indonesia. 2) Untuk menguji pengaruh kualitas produk terhadap perilaku
konsumen dalam memilih produk fashion lokal di Indonesia. 3) Untuk menguji
pengaruh simultan dari konten influencer fashion di TikTok dan kualitas produk
terhadap perilaku konsumen dalam memilih produk fashion lokal di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan
sampel Accidental Sampling mix Purposive Sampling dengan penentuan sampel
sebanyak 110. Pengumpuloan data ini menggunakan penyebaran kuesioner online
yang diolah dengan SPSS 17. Teknik analisis data dengan uji validitas, uji
reabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedatisitas, analisis
regresi linear berganda, Uji Parsial, Uji Simultan, dan koefisien determinansi.
Hasil penelitian menunjukkan konten influencer fashion (X1) dan kualitas
produk (X2) secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumen Y. Dengan
Koefisiensi Determinasi (R2) sebesar 30,2% konten influencer fashion (X1) dan
kualitas produk (X2) memepengaruhi perlaku konsumen. Sedangkan sisanya
69,8% dipengaruhi oleh faktor lain selain konten influencer fashion dan kualitas
produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Nur Rhofikhotul Azizah |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 06:27 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 06:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |