Pengembangan Flipbook Berbasis Discovery Learning Pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Kelas VIII SMP/MTs.

Nur Roini, Fuad Hasan (2021) Pengembangan Flipbook Berbasis Discovery Learning Pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Kelas VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Nur Roini Fuad Hasan_T201710067.pdf

Download (15MB)

Abstract

Nur Roini Fuad Hasan, 2021 : Pengembangan Flipbook Berbasis Discovery Learning Pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Kelas VIII SMP/MTs. Kata Kunci: Getaran, Gelombang, Dan Bunyi, Flipbook, Discovery Learning Getaran, gelombang, dan bunyi merupakan salah satu materi yang diajarkan dalam mata pembelajaran IPA pada siswa kelas VIII SMP/MTs. Bedasarkan masalah peneliti yang temukan di kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember, belum tersedianya media pembelajaran sehingga cenderung membuat siswa merasa bosan, griduh, mengantuk, bermain sendiri dan enggan untuk memperhatikan penjelasan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah validitas terhadap pengembangan Flipbook berbasis Dicovery Learning pada materi getaran, gelombang, dan bunyi di SMP/MTs, (2) Bagaimanakah hasil uji respon siswa terhadap pengembangan Flipbook berbasis Discovery Learning pada materi getaran, gelombang, dan bunyi di SMP/MTs. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui validitas ahli terhadap pengembangan Flipbook berbasis Discovery Learning pada materi getaran, gelombang, dan bunyi di SMP/MTs, (2) Mengetahui hasil uji respon siswa terhadap pengembangan Flipbook berbasis Discovery Learning pada materi getaran, gelombang, dan bunyi di SMP/MTs. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model 4-D terdiri dari 4 tahapan penelitian, diantaranya: define, design, development, dan dessimination. Jenis data dalam penelitian pengembangan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian ini memperoleh produk berupa flipbook berbasis discovery learning dengan hasil presentase validasi produk yang dilakukan oleh validator ahli materi, ahli media, dan pengguna. Hasil validasi dari ahli materi 91% dan hasil validasi ahli media 97% dan hasil validasi oleh pengguna sebesar 94% dengan kategori sangat valid pada setiap presentase oleh validator. Hasil Uji respon siswa skala kecil adalah 94,9%, dan skala besar adalah 95,15%, sehingga flipbook termasuk kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 25 May 2022 02:52
Last Modified: 25 May 2022 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4039

Actions (login required)

View Item View Item