Program kegiatan bimbingan belajar masuk perguruan tinggi siswa madrasah aliyah al-machfudzoh sidoarjo

Imama, Haula (2025) Program kegiatan bimbingan belajar masuk perguruan tinggi siswa madrasah aliyah al-machfudzoh sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Haula Nur Imama_213101030003.pdf

Download (9MB)

Abstract

Abstrak

Haula Nur Imama, 2025: “Manajemen Program Kegiatan Menuju Perguruan Tinggi Nergeri atau Swasta di Madrasah Aliyah Al-Machfudzoh Sidoarjo”.

Kata Kunci: Manajemen, Program ke perguruan tinggi, Madrasah

Diera modernisasi saat ini pendidikan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam menentukan kemajuan bangsa dan melahirkan generasi-generasi yang hebat. Tetapi sangat disayangkan meskipun zaman semakin maju pemikiran masyarakat mengenai pendidikan tidak sepenuhnya tumbuh. Pola pikir masyarakat mengenai kesenjangan gender, budaya patriarki, dan juga perekonomian yang kurang mendukung membuat anak enggan dalam melanjutkan pendidikannya. Tetapi masih banyak orang tua sadar akan tantangan perkembangan pendidikan dizaman ini, mereka memberikan kesempatan kepada para anak-anaknya untuk melanjutkan pendiidikan kejenjang perguruan tinggi. Dengan adanya manajemen program kegiatan menuju perguruan tinggi negeri atau swasta ini membantu para peserta didik untuk terus melajutkan pendidikannya ke jenjang universitas
Fokus penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari Program Kegiatan Menuju Perguruan Tinggi Negeri Atau Swasta di Madrasah Aliyah Al-Machfudzoh Sidoarjo.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi dari Program Kegiatan Menuju Perguruan Tinggi Negeri Atau Swasta di Madrasah Aliyah Al-Machfudzoh Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tiga metode yakni: Observasi, Wwawncara, dan Dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dan yang terakhiradalah uji keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) perencanaan program menuju perguruan tinggi negeri atau swasta ini dimulai dari raker oleh kepala madrasah beserta dewan guru, rencana kerja program dimuat dan ditungkan dalam TOR kemudian disampaikan dalam raker tersebut, 2) Pelaksanaan program ini dimulai dengan mengadakan sosialisasi dengan orang tua wali, pengadaan jadwal bimbel dengan pihak luar yaitu ghanesha operasion dengan 28 kali pertemuan dihari jum’at dan minggu, 3) Evaluasi dari pembelajaran program ini dilaksanakan setiap seminggu sekali, tetapi untuk pengevaluasian program nya sendiri dilaksanakan 1 kali dalam setahun, untuk mengetahui tingkat keberhasilan program ini yaitu dilihat dari angka presentase kelulusan siswa yang masuk ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Haula Imama
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:17
Last Modified: 29 Apr 2025 03:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40455

Actions (login required)

View Item View Item