Brian Pramesti, Vania Puspa (2025) Penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama Melalui Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi 23 Purwoharjo Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Vania Puspa_212101050020.pdf Download (6MB) |
Abstract
Vania Puspa Brian Pramesti, 2025: Penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama Melalui Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi 23 Purwoharjo Banyuwangi
Kata Kunci: Moderasi Beragama, Bermain Peran, Anak Usia 5-6 Tahun
Penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada anak usia 5-6 tahun sangat penting untuk mengajarkan hidup rukun terhadap sesama. Namun dalam pelaksanaannya masih belum efektif, karena kurangnya metode pembelajaran yang sesuai. Oleh karena itu di TK Pertiwi 23 Purwoharjo menerapkan salah satu metode yaitu bermain peran, yang berguna untuk membantu anak-anak dalam memahami nilai-nilai moderasi beragama dengan cara yang menarik, sehingga anak dapat tumbuh menjadi generasi yang toleran.
Fokus penelitian pada penelitian ini adalah bagaimana penanaman nilai toleransi dan anti kekerasan dalam moderasi beragama melalui bermain peran pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 23 Purwoharjo Banyuwangi?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penanaman nilai toleransi dan anti kekerasan dalam moderasi beragama melalui bermain peran pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 23 Purwoharjo Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Lokasi penelitian di TK Pertiwi 23 Purwoharjo Banyuwangi. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu Kepala sekolah, Guru kelompok B, dan Siswa-siswi kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini menghasilkan 1) penanaman nilai toleransi dalam moderasi beragama melalui bermain peran pada anak yaitu guru memberikan penjelasan mengenai penanaman nilai toleransi dalam moderasi beragama melalui bermain peran, guru mengarahkan peserta didik dalam memahami cara memainkan peran sesuai dengan tema yaitu tentang toleransi beragama, guru mendampingi peserta didik selama kegiatan penanaman nilai toleransi dalam moderasi beragama melalui bermain peran berlangsung. 2) penanaman nilai anti kekerasan dalam moderasi beragama melalui bermain peran pada anak yaitu guru mencontohkan sikap saling menghormati dan menghargai pada anak yakni melalui contoh sikap teladan dengan cara menyapa semua anak tanpa melihat perbedaan agama, guru mengajarkan lagu-lagu yang dapat mendorong anak untuk berinteraksi dan mau berteman dengan teman satu sama lain tanpa melihat suatu perbedaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Vania Puspa Brian Pramesti |
Date Deposited: | 05 May 2025 02:35 |
Last Modified: | 05 May 2025 02:35 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |