PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOK SUITCASE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA, MATERI NILAI-NILAI PANCASILA DI KELAS IIA MADRASAH IBTIDAIYAH MA'ARIF (MIMA) 32 SALAFIYAH SYAFI’IYAH KARANGANYAR AMBULU

habibah, Nur (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOK SUITCASE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA, MATERI NILAI-NILAI PANCASILA DI KELAS IIA MADRASAH IBTIDAIYAH MA'ARIF (MIMA) 32 SALAFIYAH SYAFI’IYAH KARANGANYAR AMBULU. Undergraduate thesis, universitas islam negeri kiai haji achmad shiddiq jember.

[img] Text
NUR HABIBAH_214101040002 (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Habibah, 2025: Pengembangan Media Pembelajaran Book Suitcase Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila, Materi Nilai-Nilai Pancasila di Kelas IIA MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah Karanganyar Ambulu
Kata Kunci: Pengembangan, Book Suitcase, Nilai-Nilai Pancasila
Kebutuhan penggunaan media pembelajaran untuk mendukung hasil belajar peserta didik sangatlah penting. Terutama pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi nilai-nilai Pancasila. Pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari menjadi sangat penting untuk membentuk generasi penerus bangsa yang bermoral baik dan berkarakter, yang dikenalkan dan dibiasakan sejak usia dasar. Proses pembelajaran yang kurang efektif, tanpa penggunaan media yang praktis dapat mengalihkan fokus peserta didik. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan media yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Media yang dikembangkan yaitu Book Suitcase sebagai sarana untuk mendukung proses pembelajaran pada peserta didik.
Penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran Book Suitcase pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, materi nilai-nilai Pancasila untuk meningkatkan belajar dan penguasaan materi peserta didik di kelas IIA MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah Karanganyar Ambulu?, (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran Book Suitcase pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, materi nilai-nilai Pancasila di kelas IIA MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah Karanganyar Ambulu?, (3) Bagaimana kepraktisan penggunaan media pembelajaran Book Suitcase pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, materi nilai-nilai Pancasila di kelas IIA MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah Karanganyar Ambulu?.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Book Suitcase pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, materi nilai-nilai Pancasila di kelas IIA MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah Karanganyar Ambulu, (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Book Suitcase pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, materi nilai-nilai Pancasila di kelas IIA MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah Karanganyar Ambulu, (3) Untuk mengetahui kepraktisan penggunaan media pembelajaran Book Suitcase pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, materi nilai-nilai Pancasila di kelas IIA MIMA 32 Salafiyah Syafi’iyah Karanganyar Ambulu. Pengembangan media pembelajaran Book Suitcase menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang mencakup lima tahapan: Analysis (analisis), Design (desain) , Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bahan utama dari media Book Suitcase adalah kayu yang di dalamnya terdapat materi, game, dan kuis. 2) Hasil rata-rata kelayakan media dari keempat validator adalah 95,87%. 3) Dan hasil kepraktisan yang diperoleh dari angket respon didik adalah 96%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pada media Book Suitcase dapat dikategorikan sangat valid dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Nur Habibah
Date Deposited: 14 May 2025 02:07
Last Modified: 14 May 2025 02:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40754

Actions (login required)

View Item View Item