Strategi Pembelajaran Fikih Berbasis Pesantren Di Madrasah Aliyah An-Nur Rambipuji Jember

Mustakim, Adam (2025) Strategi Pembelajaran Fikih Berbasis Pesantren Di Madrasah Aliyah An-Nur Rambipuji Jember. Masters thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Adam Mustakim_233206030019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Adam Mustakim, 2025. Strategi Pembelajaran Fikih Berbasis Pesantren di Madrasah Aliyah An-Nur Rambipuji jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Moh. Sahlan, M.Ag. Pembimbing II: Dr. H. Saihan, S.Ag, M.Pd.I.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Fikih, Pesantren, Madrasah Aliyah
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah An-Nur Rambipuji Jember yang menerapkan pendekatan khas pesantren melalui penggabungan antara kurikulum formal madrasah dengan pola
pengajaran kitab kuning secara tradisional. Dalam praktiknya, pembelajaran Fikih tidak hanya mengacu pada standar kurikulum nasional, tetapi juga mengadopsi
sistem pengajaran diniyah pesantren yang berfokus pada pendalaman kitab-kitab pesantren. Pendekatan ini dilakukan sebagai bentuk penguatan karakter religius
santri melalui pembelajaran yang bernuansa kepesantrenan, baik dalam materi, metode, maupun lingkungan belajar. serta sebagai langkah madrasah dalam meningkatkan membaca kitab santri.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis 1) Strategi pengorganisasian pembelajaran Fikih berbasis pesantren di Madrasah Aliyah An-Nur Rambipuji Jember. 2) Strategi penyampaian pembelajaran Fikih
berbasis pesantren di Madrasah Aliyah An-Nur Rambipuji Jember. dan 3) Strategi pengelolaan pembelajaran Fikih berbasis pesantren di Madrasah Aliyah An-Nur Rambipuji Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yakni teknik oleh
miles, Huberman dan saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber, teknik dan membercheck.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pengorganisasian pembelajaran Fikih berbasis pesantren dilakukan melalui pengelompokan materi sesuai kitab yang digunakan (Fathul Qorib untuk kelas XI dan Fathul Mu’in untuk kelas XII), serta pengaturan waktu antara pembelajaran formal dan diniyah. 2) Strategi penyampaian dilakukan dengan metode bandongan, sorogan, ceramah, dan tanya jawab, disertai penekanan pada pemahaman makna dan penerapan dalam
kehidupan sehari-hari. 3) Strategi pengelolaan pembelajaran mencakup evaluasi berkala, seperti ujian mingguan dalam program diniyah tes membaca kitab dan ujian formal dalam madrasah, serta pelatihan berkelanjutan dalam membaca dan
memahami kitab kuning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adam Mustakim
Date Deposited: 15 May 2025 06:45
Last Modified: 15 May 2025 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40870

Actions (login required)

View Item View Item