Nisa, Siti Khoirotun (2025) Pengaruh metode Team Quiz terhadap hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SITI KHOIROTUN NISA_T214101090010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di MTs Negeri 1 Lumajang, terdapat penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi yang digunakan oleh guru IPS. Model pembelajaran yang sering digunakan adalah model pembelajaran metode ceramah yang berpusat pada penyampaian guru dan siswa mendengarkan materi, sehingga siswa menjadi bosan dan kurang dalam memahami materi yang disampaikan, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi guna meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan cara menerapkan metode pembelajaran Team Quiz yang merupakan metode pembelajaran dengan melakukan permainan diskusi lempar pertanyaan secara bergantian. Tujuan penelitian ini adalah: untuk Untuk menguji ada atau tidak ada pengaruh penggunaan metode Team Quiz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2024/2025 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-exsperimental. Desain penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah One-Group Pretest-Postest Desaign yaitu desain penelitian dengan menggunakan pretestposttest satu kelompok. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Setelah itu, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sebelum di analisis data karena berkaitan dengan teknik yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan Paired Sample T-test.
Hasil Penelitian ini dapat dianalisis dengan menggunakan Sampel T-test dimana diperoleh nilai sig. (2-Tailed) sebesar 0,000. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan < 0,05 sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak, hipotesis alternative (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh metode Team Quiz terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa di MTs Negeri 1 Lumajang Tahun pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Khoirotun Nisa |
Date Deposited: | 21 May 2025 01:56 |
Last Modified: | 21 May 2025 01:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41054 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |