Hasanah, Maulidatul (2025) PENGARUH SPECIAL EVENT DAY DAN GRATIS ONGKIR TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (FEBI) DALAM BERBELANJA ONLINE DI SHOPEE. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
MAULIDATUL HASANAH_212105020059.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Maulidatul Hasanah, Ana Pratiwi. Pengaruh Special Event Day dan Gratis Ongkir Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Dalam Berbelanja Online Di Shopee. Kata Kunci : Special Event Day, Gratis Ongkir, Perilaku Konsumtif Mahasiswa
Perkembangan teknologi di era globalisasi telah mendorong munculnya platform e-commerce seperti Shopee, yang menawarkan berbagai promo menarik. Seperti special event day pada tanggal kembar dan promo gratis ongkos kirim yang dapat meningkatkan antusiasme konsumen, termasuk mahasiswa dalam berbelanja online. Program promo tersebut dapat mendorong perilaku konsumtif, terutama mahasiswa yang sering kali membeli tanpa pertimbangan rasional, Karena keinginan untuk segera memanfaatkan penawaran yang terbatas. Rumusan masalah pada penelitian ini : 1) Apakah special event day secara parsial berpengaruh positif dan sinifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN KHAS Jember dalam berbelanja online di Shopee. 2) Apakah gratis ongkir secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN KHAS Jember dalam berbelanja online di Shopee. 3) Apakah secara simultan special event day dan gratis ongkir berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN KHAS Jember dalam berbelanja online di Shopee. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah special event day dan gratis ongkos kirim secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN KHAS Jember dalam berbelanja online di Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh 100 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dalam bentuk Google Form. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS versi 23, mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, serta uji hipotesis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa : Special event day secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN KHAS Jember dalam berbelanja online di Shopee. Promo gratis ongkos kirim secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN KHAS Jember dalam berbelanja online di Shopee. Dan secara simultan special event day dan promo gratis ongkir memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN KHAS Jember dalam berbelanja online di Shopee.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Maulidatul Hasanah |
Date Deposited: | 22 May 2025 09:02 |
Last Modified: | 22 May 2025 09:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41230 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |