Ningtiyas, Septi Diah Ayu (2025) Strategi Membangun Brand Awareness Melalui Program Branchless Banking Pada Agen Brilink di Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Septi Diah Ayu Ningtiyas _211105010017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Inklusi keuangan menjadi salah satu fokus utama dalam memperluas akses layanan perbankan bagi masyarakat yang belum terjangkau oleh bank konvensional. Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengimplementasikan program branchless banking melalui agen BRILink sebagai upaya untuk mendukung tujuan tersebut. Melalui agen BRILink, masyarakat dapat mengakses berbagai layanan perbankan dengan mudah, yang sekaligus berkontribusi dalam meningkatkan brand awareness BRI.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana strategi yang diterapkan oleh BRI dalam membangun brand awareness melalui layanan branchless banking BRILink di Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo? 2. Apa saja tantangan yang dihadapi oleh agen BRILink dalam mendukung strategi branchless banking di Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo?
Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan strategi yang diterapkan oleh BRI dalam membangun brand awareness melalui layanan branchless banking BRILink di Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. 2. Mendeskripsikan tantangan yang dihadapi oleh agen BRILink dalam mendukung strategi branchless banking di Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo.
Penelitiana ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian menggunakan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data penggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. strategi BRI dalam meningkatkan brand awareness mencakup : Penjaringan agen melalui nasabah loyal, Sosialisasi, workshop, dan gathering, Penyediaan fasilitas pendukung, Pembuatan grup khusus agen BRILink di Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. 2. Di sisi lain, tantangan yang dihadapi agen BRILink dalam mendukung strategi branchless banking meliputi : Frekuensi error pada mesin EDC (Electronic Data Capture), Jaringan yang tidak stabil, Ketidakpercayaan nasabah saat terjadi kendala transaksi.
Dengan demikian, penerapan strategi membangun brand awareness melalui program branchless banking terbukti memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesadaran masyarakat terhadap layanan perbankan BRI. Inovasi yang berkelanjutan dan dukungan teknologi menjadi kunci sukses dalam implementasi program ini.
Kata kunci : Brand Awareness, Branchless Banking, Agen BRILink, Strategi Pemasaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Septi Diah Ayu Ningtiyas |
Date Deposited: | 28 May 2025 01:08 |
Last Modified: | 28 May 2025 01:08 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |