Dwi Kurniawan, Rivaldi (2025) PENGARUH SERTIFIKASI HALAL DAN KESADARAN PRODUK HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERUPUK PULI UMKM VR DI DESA SELODAKON, KECAMATAN TANGGUL, KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kh Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Rivaldi Dwi Kurniawan_212105020102.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Rivaldi Dwi Kurniawan, Siti Masrohatin, 2025 : Pengaruh Sertifikasi Halal
dan Kesadaran Produk Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Puli VR di
Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember
Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Sertifikasi Halal, Kesadaran Produk Halal.
Keputusan pembelian merupakan tindakan dari seorang individu dalam
menentukan dan memilih suatu produk yang akan ia miliki dengan tujuan
memenuhi keinginan mereka. Pada era modern saat ini Masyarakat mulai teliti
dalam memilih produk terutama produk olahan kerupuk yang mana Masyarakat
memperhatikan dari segi kebersihan serta keamanan dari produk dalam hal ini
berkaitan dengan sertifikasi halal dan kesadaran produk halal. Oleh karena itu
pengaruh sertifikasi halal dan kesadaran halal dapat menjadi pengaruh dalam
keputusan pembelian konsumen.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah sertifikasi Halal
berpengaruh terhadap keputusan pembelian kerupuk puli VR di Desa Selodakon,
Tanggul, Kabupaten Jember? 2) Apakah kesadaran produk Halal berpengaruh
terhadap keputusan pembelian kerupuk puli VR di Desa Selodakon, Tanggul,
Kabupaten Jember? 3) Apakah sertifikasi Halal dan ksesadaran produk Halal
berpengaruh terhadap keputusan pembelian kerupuk puli VR di Desa Selodakon,
Tanggul, Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh sertifikasi halal dan
kesadaran produk halal terhadap keputusan pembelian kerupuk puli VR di Desa
Selodakon, Tanggul, Kabupaten Jember
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 120 orang responden yaitu
konsumen produk krupuk puli VR. Pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan tekhnik purposive sampling yang diperoleh jumlah sampel
sejumlah 70 responden yang merupakan pelanggan tetap kerupuk puli VR.
Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji
multikolonieritas, uji heterokedastisitas, uji prasial (uji t), uji simultan (uji f), uji
koefisien determinasi
Hasil analisis diketahui bahwa 1) Sertifikasi halal tidak berpengaruh
terhadap Keputusan pembelian kerupuk puli VR di Desa Selodakon, Tanggul,
Kabupaten Jember, 2) Kesadaran produk halal berpengaruh terhadap Keputusan
pembelian kerupuk puli VR di Desa Selodakon, Tanggul, Kabupaten Jember, 3)
Sertifikasi halal dan Kesadaran produk halal berpengaruh terhadap Keputusan
pembelian kerupuk puli VR di Desa Selodakon, Tanggul, Kabupaten Jember
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Rivaldi Dwi kurniawan |
Date Deposited: | 28 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 28 May 2025 04:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |