Khasanah, Nur Rifki Alvin (2025) Pengaruh Penguasaan Kitab Ta'limul Muta'alim dan Taisirul Kholaq Terhadap Akhlak Santri Tingkat Ula Pondok Pesantren Bustanul Makmur Banyuwangi. Masters thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
NUR RIFKI ALVIN KHASANAH_233206030044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (23MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya akhlak santri yang kurang baik seperti mencuri, berkata kotor, ghosob, bullying, menggunjing para pengurus pondok pesantren, serta mengolok-ngolok nama orangtua dengan sebutan yang kurang etis pada lingkup pondok pesantren, sehingga akhlak menjadi aspek penting dalam pembentukan karakter santri sebagai bagian dari pendidikan agama Islam yang bertujuan mencetak individu yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji beberapa variabel yang telah dirumuskan sebagai berikut: 1) Adakah pengaruh penguasaan kitab Ta’limul Muta’alim terhadap akhlak santri tingkat ula Pondok Pesantren Bustanul Makmur Banyuwangi?; 2) Adakah pengaruh penguasaan kitab TaisirulKholaq terhadap akhlak santri tingkat ula Pondok Pesantren Bustanul Makmur Banyuwangi?; 3) Adakah pengaruh penguasaan kitab Ta’limul Muta’alim dan TaisirulKholaq secara simultan terhadap akhlak santri tingkat ula Pondok Pesantren Bustanul Makmur Banyuwangi?.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik random sampling yaitu Clauster Random Sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket. Analisis data yang dilakukan menggunakan Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolenieritas, Uji Heteroskedastisitas, dan Uji Autokorelasi) dan uji hipotesis berupa Analisis Regresi Linier Berganda (Uji T, Uji F adn Uji Koefisien Determinasi). Seluruh uji dilakukan dengan bantuan Software Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 27.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Penguasaan kitab Ta’limul Muta’alim secara parsial berpengaruh signifikan terhadap akhlak santri sebesar 19,9 % dengan nilai thitung sebesar 2,192 lebih besar dibandingkan ttabel yang bernilai 1,684 dan nilai signifikansi sebesar 0,034 lebih kecil dari (α = 0,05). 2) Penguasaan kitab TaisirulKholaq secara parsial berpengaruh signifikan terhadap akhlak santri sebesar 50,2 % dengan nilai thitung sebesar 4,874 lebih besar dibandingkan ttabel yang bernilai 1,684 dan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari batas signifikan (α = 0,05). 3) Penguasaan kitab Ta’limul Muta’alim dan penguasaan kitab TaisirulKholaq secara simultan berpengaruh signifikan terhadap akhlak santri sebesar 70,2%, Sedangkan sisanya 29,8% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian dengan nilai Fhitung sebesar 47,037 lebih besar dari Ftabel yaitu 3,232 dan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari nilai α = 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Nur Rifki Alvin Khasanah |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 07:08 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 07:08 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |