isnaini, isnaini (2025) تطوير وسيلة التعليم باستخدام "كانفا" لترقية إتقان المفردات لدى طلبة المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية السابعة جمبر للسنة الدراسية ۲۰۲۵ / ۲۰۲٤م. Masters thesis, UIN KHAS Jember.
![]() |
Text
Isnaini WATERMAK ث.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Isnaini, 2025. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Canva untuk
Meningkatkan Penguasaan Mufrodat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran
2024 – 2025. Thesis. Pendidikan Bahasa Arab UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing
1 : Dr. Maskud, S.Ag., M.Si. Pembimbing 2 : Dr. Asep Maulana, M.Pd.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Canva, Penguasaan Mufrodat
Media pembelajaran merupakan salah satu elemen yang berperan penting dalam proses
Pendidikan, Media pembelajaranjuga menjadi sumber pembelajaran yang dapat membantu guru
memperkaya wawasan siswa dan menggairahkan serta mencondongkan siswa. Dalam proses
pembelajaran penguasaan mufrodat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember guru tidak
menggunakan media pembelajaran sehingga pengajaran sering tidak tercapai. Untuk itu, peneliti
mengembangkan cara mengajar dengan menggunakan media canva sebagai Solusi dalam
membantu mengajarkan penguasaan mufrodat.
Penelitian ini bertujuan : 1) Mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran
dengan menggunakan media canva untuk meningkatkan penguasaan mufrodat di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 7 Jember ?. 2) Mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran
dengan menggunakan media canva untuk meningkatkan penguasaan mufrodat di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 7 Jember ?. 3) Mengetahui Tingkat keefektifan pengembangan media
pembelajaran dengan menggunakan media canva untuk meningkatkan penguasaan mufrodat di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember ?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D)
dengan menggunakan model ADDIE. Model ini memiliki 5 tahapan : yaitu analisis kebutuhan,
desain produk, pengembangan produk, penerapan produk dan evaluasi produk. Kemudian dalam
mengumpulkan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi untuk data kualitatif, serta angket dan tes untuk data kuantitatif yang kemudian diolah
menggunakan uji Wilcocson.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pengembangan produk ini melalui beberapa
tahapan diantaranya analisis kebutuhan, wawancara dan tahapan desain penyelesaian produk yang
dikembangkan menggunakan Canva dan diketik menggunakan Traditional Arabic. 2) Tingkat
kelayakan produk menunjukkan bahwa produk layak untuk digunakan dengan setelah
mendapatkan nilai validasi desain sebesar 93 % dan validasi materi 96, 6 %. 3) Adapun Tingkat
keefektifan produk bisa dilihat dari hasil pretest dan postets bahwa hasil Asymp.Sig (2-tailed)
bernilai 0.000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima, dengan ini menunjukkan adanya
pengaruh penggunakan canva sebagai media pembelajaran untuk meningkatakan penguasaan
mufrodat siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember. Setelah diuji dengan rumus wilcocson
penulis melaksanakan tes NGain. Dari hasil NGain memperoleh nilai 0,7 yang mana lebih kecil
dari 0,8024 dan hasil dari uji Wilcocson yaitu a) tidak terjadi penurunan dari skor sebelum dan
sesudah tes, b) peringkat positive atau perbedaan antara hasil sebelum dan sesudah menggunakan
media canva terdapat data 28 siswa positif mengalami peningkatan, peningkatan rata-rata
mendapatkan nilai 406,00 sedangkan rating positive memperoleh 14,50. C) korelasi adalah
kesamaan antara skor sebelum dan sesudah tes pada table tersebut nilai kesetaraannya adalah 0
maka dikatan tidak terdapat nilai yang sama antara pre tes dan pots tes.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | isnani isnani |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 01:26 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 01:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |