Maulana, Dina Afiyan (2025) Strategi Pembelajaran Tahfidz Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bondowoso. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
DINA AFIYAN MAULANA_2332060300012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran Tahfidz, Pembentukan, Karakter Disiplin.
Pendidikan karakter selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa, diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam meningkatkan derajat dan martabat anak bangsa. Pembentukan karakter dimulai dari fitrah yang diberikan Allah yang kemudian membentuk jati diri dan perilaku. Proses pendidikan sangat dipengaruhi oleh lingkungan, sehingga lingkungan memiliki peran yang cukup besar dalam membentuk jati diri dan prilaku siswa. Sekolah dan masyarakat sebagai bagian dari lingkungan memiliki peran yang sangat penting. Pembentukan karakter diperoleh melalui pembelajaran, di MIN 1 Bondowoso ditekankan dalam pembelajaran Al Quran terutama Tahfidzul Quran. Dalam bakat minat tahfidz juz amma dan surat pilihan banyak nilai-nilai yang akan dipelajari sehingga bisa membentuk karakter siswa yang baik.
Adapun tujuan penelitian ini: 1) Untuk menganalisa pendekatan pembelajaran Tahfidzul Qur’an pada siswa MIN 1 Bondowoso .2) Untuk menganalisis terbentuknya karakter disiplin siswa setelah menggunakan strategi tahfidz Qur’an di MIN 1 Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Bondowoso. Subjek dari penelitian ini adalah guru tahfidz, siswa siswi tahfidz MIN 1 Bondowoso, wali Murid tahfidz, kepala sekolah MIN 1 Bondowoso, dan guru Mata pelajaran Min 1 Bondowoso. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Te knik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, Pendekatan pembelajaran Tahfidz Qur’an di MIN 1 Bondowoso dirancang sistematis melalui metode Ummi berbasis talaqqi dan sima’i, dengan penekanan pada tajwid, makhraj, dan rutinitas muroja’ah. Program ini tidak hanya membentuk hafalan yang benar, tetapi juga menanamkan nilai-nilai Qur’ani dalam kehidupan sehari-hari. Keberhasilan didukung strategi internal seperti jadwal tetap, evaluasi, pembinaan karakter, serta strategi eksternal melalui keterlibatan orang tua. Strategi tahfidz juga efektif membentuk karakter disiplin siswa dan berdampak positif pada kesiapan belajar. Program ini mendapat respons positif dari berbagai pihak, meskipun masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu dan dukungan keluarga. Secara keseluruhan, tahfidz menjadi instrumen pendidikan karakter Islami yang layak dijadikan model.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Dina Afiyan Maulana |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 01:01 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 01:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42659 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |