Koimah, Wirdatu Millatil (2025) STRATEGI PELAKSANAAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS NEGERI 2 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Wirdatu Millatil Koimah NIM. 212101090031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kata kunci: Strategi, Literasi Digital, Pembelajaran IPS
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era digital telah
membawa pengaruh besar terhadap dunia pendidikan, termasuk dalam
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Literasi digital menjadi keterampilan
esensial abad ke-21 yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat mengakses,
mengevaluasi, dan memanfaatkan informasi secara kritis dan bertanggung jawab.
Dalam konteks ini, pelaksanaan literasi digital di sekolah menjadi penting untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran dan membentuk karakter siswa yang adaptif
terhadap perubahan zaman.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi pelaksanaan
literasi digital dalam pembelajaran IPS melalui penguatan kapasitas fasilitator di
MTs Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2024/2025? 2) Bagaimana strategi
pelaksanaan literasi digital dalam pembelajaran IPS melalui peningkatan jumlah
dan ragam sumber belajar bermutu di MTs Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran
2024/2025? 3) Bagaimana strategi pelaksanaan literasi digital dalam pembelajaran
IPS melalui perluasan akses sumber belajar dan cakupan peserta belajar di MTs
Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2024/2025?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan strategi pelaksanaan
literasi digital dalam pembelajaran IPS melalui penguatan kapasitas fasilitator di
MTs Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2024/2025. 2) Mendeskripsikan
strategi pelaksanaan literasi digital dalam pembelajaran IPS melalui peningkatan
jumlah dan ragam sumber belajar bermutu di MTs Negeri 2 Banyuwangi Tahun
Pelajaran 2024/2025. 3) Mendeskripsikan strategi pelaksanaan literasi digital dalam
pembelajaran IPS melalui perluasan akses belajar dan cakupan peserta belajar di
MTs Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
model interaktif Miles Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Strategi pelaksanaan literasi digital melalui
penguatan kapasitas fasilitator dilakukan pelatihan guru dan penunjukan siswa
berkemampuan digital sebagai tutor sebaya. 2) Strategi peningkatan jumlah dan
ragam sumber belajar bermutu dilakukan dengan menyediakan bahan bacaan digital
seperti e-book dan ensiklopedia, situs edukatif seperti Ruang Guru dan Quipper,
aplikasi pembelajaran seperti Quizizz dan Wordwall, serta mading sekolah dan
kelas sebagai media literasi. 3) Strategi perluasan akses belajar dan cakupan peserta
belajar dilakukan dengan penyediaan komputer, internet, serta layanan digital
seperti WhatsApp “SIMPEL”, YouTube, Instagram, dan website resmi sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Wirdatu Millatil Koimah |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 08:54 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 08:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43558 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |