Ningrum, Diajeng Juwita (2025) Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Al-Huda Bomo Blimbingsari Banyuwangi. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Diajeng Juwita Ningrum _233206030024.pdf Download (4MB) |
Abstract
Ningrum, Diajeng Juwita, 2025. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Al-Huda Bomo Blimbingsari Banyuwangi. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. Moch. Chotib, S. Ag, M.M. Pembimbing II: Dr. Drs. H. Supriadi, M.Pd.I
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Problem Based Learning, Motivasi Belajar
Pembelajaran sejarah kebudayaan Islam penting untuk membentuk karakter dan pemahaman siswa tentang identitas budaya serta nilai-nilai moral Islam, tetapi banyak siswa kurang tertarik karena pembelajaran yang monoton. Untuk meningkatkan motivasi, guru menggunakan strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan, dimana guru menggunakan strategi pembelajaran Problem based learning. Dengan suasana belajar yang menarik siswa lebih termotivasi dan antusias dalam mempelajari sejarah kebudayaan Islam. Hal ini yang sudah dilakukan oleh guru sejarah kebudayaan Islam.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Al-Huda Bomo? 2) Bagaimana strategi pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Al-Huda Bomo Blimbingsari Banyuwangi? Sedangkan tujuan dari penelitian ini ialah untuk menemukan motivasi intinsik dan motivasi ekstrinsik dengan menggunakan strategi pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Al-Huda Bomo Blimbingsari Banyuwangi.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan pasif, wawancara semi terstruktur, dan kajian dokumen. Kemudian teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian diantaranya 1) Pembelajaran menggunakan strategi problem based learning pada siswa dapat meningkatkan motivasi belajar intrinsik seperti: (a) keinginan dan kemajuan dalam diri (b) kepercayaan diri (c) minat (d) tanggung jawab dan e) rasa puas 2) Untuk meningkatkan strategi pembelajaran problem based learning pada siwa dapat melalui motivasi ekstrinsik. Motivasi yang diberikan dalam berbagai bentuk, antara lain: (a) pemberian pujian (b) pemberian nasihat (c) pemberian hadiah dan (d) pemberian nilai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Diajeng Juwita Ningrum |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:32 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |