PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI AMALIYAH AN NAHDLIYAH DI PONDOK PESANTREAN LATHIFUL AMIEN

ILMIA, SITI LAILATUL (2025) PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI AMALIYAH AN NAHDLIYAH DI PONDOK PESANTREAN LATHIFUL AMIEN. Masters thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SITI LAILATUL ILMIA_233206030032_2025.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Siti Lailatul Ilmia, 2025. Penerapan Nilai Pendidikan Akhlak Melalui Amaliyah An Nahdliyah di Pondok Pesantren Lathiful Amien Lumajang”. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Mustajab, S. Ag., M. Pd. I. Pembimbing II: Dr. Subakri, S. Ag., M. Pd. I., MCE.
Kata kunci: Nilai Pendidikan Akhlak, Amaliyah An Nahdliyah

Tidak dapat dipungkiri perkembangan zaman, globalisasi, serta digitalisasi menjadi tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan khususnya Pondok Pesantren sebagai penerus perjuangan dalam menanamkan hasanah keilmuan dan nilai pendidikan akhlak. Penelitian ini merupakan upaya menjabarkan integrasi nilai pendidikan akhlak yang kemudian diimplementasikan melalui Amaliyah An Anhdliyah.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data sesuai fokus dalam penelitian yaitu Bagaimana Kegiatan Nilai Pendidikan Akhalk Kepada Allah dan Kepada Manusia Melalui Amaliyah An Nahdliyah di Pondok Pesantren Lathiful Amien. dan Bagaimana Relevansi Nilai Pendidikan Akhalk Kepada Allah dan Kepada Manusia Melalui Amaliyah An Nahdliyah di Pondok Pesantren Lathiful Amien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penerapan pengumpulan data menggunakan Penerapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang di peroleh kemudian kemudian dianalisis menggunakan model interktif Miles-Hurbermen dan Saldana yaitu: Data Collection, kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verifikation). Kondensasi data merujuk pada proses pemilihan (selecting), pengerucutan (focusing), penyederhanaan (simplifiying), peringkasan (abstracting), dan transformasi data (transforming). Uji keabsahan data menggunakan alat uji yakni uji kredibilitas (credibility) menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Pelaksanaan Nilai Pendidikan Akhlak Kepada Allah dan Kepada Manusia Melalui Amaliyah An Nahdliyah di Pondok Pesantren Lathiful Amien dilakukan melalui kegiatan kurikuler, ektrakurikuler dan intra kurikuler dalam linkungan pondok pesantgren, lembaga dibawah naungan Pondok Pesantren dan rutinitas bersama masyarakat. Relevasi Pelaksanaan Nilai Pendidikan Akhlak Kepada Allah dan Kepada Manusia Melalui Amaliyah An Nahdliyah di Pondok Pesantren Lathiful Amien melalui kegiatan kurikuler, ektrakurikuler dan intra kurikuler dalam linkungan pondok pesanteren, lembaga dibawah naungan Pondok Pesantren dan rutinitas bersama masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Lailatul Ilmia
Date Deposited: 25 Jun 2025 01:20
Last Modified: 25 Jun 2025 01:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43791

Actions (login required)

View Item View Item