Fauziyah, Alifatul (2025) Pengaruh Pengembangan Kurikulum Merdeka Dan Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 9 Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
ALIFATUL FAUZIYAH 233206010004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas pembelajaran sesuai kebutuhan siswa, sementara kinerja guru berperan penting dalam implementasinya. Berdasarkan Permendikbud No. 12 Tahun 2024, kurikulum ini berfokus pada kompetensi dan pengembangan karakter. Penerapannya menunjukkan dampak positif, terutama melalui pembelajaran berbasis proyek. Kinerja guru yang efektif sangat menentukan hasil belajar siswa, sehingga penelitian ini berfokus pada pengaruh keduanya terhadap kualitas pendidikan.
Fokus penelitian ini 1) Apakah terdapat pengaruh pengembangan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 9 Jember? 2) Apakah terdapat pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 9 Jember? 3)Apakah terdapat pengaruh signifikan antara pengaruh pengembangan kurikulum Merdeka dan kinerja guru terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 9 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-methods dengan jenis sequantial explanatory. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. analisis data menggunakan uji-T, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil kesimpulan penelitian ini 1) Terdapat pengaruh signifikan antara pengembangan Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 9 Jember, dibuktikan dengan nilai t hitung 4.950 yang lebih besar dari t tabel 1.977 dan kontribusi sebesar 39,84%. 2) Kinerja guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 9 Jember, dibuktikan dengan nilai t hitung 7.081 yang lebih besar dari t tabel 1.977, serta kontribusi sebesar 57,53%, lebih besar dibandingkan kurikulum. 3) Secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara pengembangan Kurikulum Merdeka dan kinerja guru terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 9 Jember.
Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum Merdeka, Kinerja Guru, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs. Perpustakaan Alifatul Fauziyah |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 04:25 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 04:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44106 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |