STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SDN TUTUL 1 BALUNG JEMBER

Maulana Habibie, Rizky Septi (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SDN TUTUL 1 BALUNG JEMBER. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Risky Septi Maulana Habibie (Tesis).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Rizky Septi Maulana Habibie, 2024. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siawa SDN Tutul 01 Balung Jember”

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Guru PAI, Ahklakul Karimah

Strategi pembelajaran merupakan suatu pendekatan atau taktik yang dirancang oleh guru untuk memudahkan Peserta Didik dalam memahami materi pelajaran secara efektif dan efisien. Strategi ini mencakup perencanaan dan penerapan metode-metode pembelajaran yang relevan, serta pemanfaatan sumber daya yang ada guna mencapai tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam digunakan sebagai sarana dalam membina akhlakul karimah peserta didik. Strategi-strategi tersebut antara lain strategi inkuiri, ekspositori, kooperatif, afektif, dan problem solving. Dalam praktiknya, strategi-strategi ini diterapkan melalui metode keteladanan, ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, pembiasaan, kerja kelompok, latihan, hingga pemberian reward dan punishment. Dengan strategi ini, guru tidak hanya mentransfer ilmu agama, tetapi juga menanamkan nilai-nilai akhlak melalui pendekatan yang menyentuh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik secara holistik.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menganalisis strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlakul karimah Peserta didik di SDN Tutul 1 Balung Jember, (2) Menganalisis Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta didik di SDN Tutul 1 Balung Jember. (3) Menganalisis Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta didik di SDN Tutul 1 Balung Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yakni teknik oleh miles, Huberman dan saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan Teknik dan membercheck.
Hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) peserta didik di SDN Tutul 1 Balung Jember secara umum telah menunjukkan akhlakul karimah yang baik, yang tercermin dari perilaku mereka dalam hal keagamaan, kedisiplinan, tanggung jawab, serta interaksi sosial sehari-hari. (2) Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SDN Tutul 1 Balung Jember mencakup pendekatan inkuiri, ekspositori, kooperatif, afektif, dan pemecahan masalah (problem solving). (3) Strategi-strategi ini diimplementasikan melalui berbagai metode seperti keteladanan, tanya jawab, diskusi, ceramah, pembiasaan, latihan, kerja kelompok, pemberian tugas, serta sistem penghargaan dan hukuman. Secara umum, strategi tersebut dinilai efektif dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik, meskipun masih ada sebagian kecil peserta didik yang belum sepenuhnya menunjukkan perubahan sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Program Doktoral > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Risky Septi Maulana Habibie
Date Deposited: 01 Jul 2025 01:24
Last Modified: 01 Jul 2025 01:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44693

Actions (login required)

View Item View Item