Dharmawan, Aldi Laga Kurnia (2025) Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Kasus pada Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI Aldi Laga Kurnia D WATERMARK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital membawa perubahan besar dalam dunia pemasaran, khususnya melalui platform media sosial seperti Tiktok. Tiktok Shop menjadi salah satu sarana perdagangan elektronik yang diminati masyarakat terutama generasi muda. Pelaku usaha di Tiktok Shop perlu memperhatikan strategi pemasaran digital, membangun ulasan positif, serta menjaga kualitas produk guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
Berdasakan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah social media marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian di tiktok shop pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember? 2) Apakah electronic word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian di tiktok shop pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember? 3) Apakah kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian di tiktok shop pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember? 4) Apakah social media marketing, electronic word of mouth, dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian di tiktok shop pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember? .
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menguji pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian di tiktok shop pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember 2) Untuk menguji pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian di tiktok shop pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember 3) Untuk menguji pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian di tiktok shop pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember 4) Untuk menguji pengaruh social media marketing, electronic word of mouth, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di tiktok shop pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden menggunakan cara yang dirumuskan oleh Slovin. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Social Media Marketing berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian di Tiktok Shop 2) Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian di Tiktok Shop 3) Kualitas produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian di Tiktok Shop 4) Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Kualitas Produk berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian di Tiktok Shop.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aldi Laga Kurnia Dharmawan |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 04:20 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 04:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44851 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |