pengaruh penggunan media permainan hangman

Fajarriah, Ayuni Ainun (2025) pengaruh penggunan media permainan hangman. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI 7 ayunun_watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa penting dalam pendidikan Islam, namun penguasaan kosakata sering menjadi kendala bagi siswa. Metode pembelajaran yang monoton cenderung menurunkan minat belajar, sehingga dibutuhkan strategi yang menarik, seperti permainan edukatif Hangman yang dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman kosakata secara menyenangkan.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media permainan Hangman terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswi kelas 8G di SMP Islam Darus Sholah Jember tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-test dan post-test pada satu kelompok berjumlah 26 siswa. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana, gain score, dan uji t sampel berpasangan dengan bantuan SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 45,19 (pre-test) menjadi 85,92 (post-test). Uji statistik menunjukkan signifikansi pada regresi (p = 0,043) dan uji t (p = 0,000), menandakan adanya pengaruh yang signifikan. Dengan demikian, permainan Hangman efektif digunakan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ms Ayuni Ainun Fajarriah
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:14
Last Modified: 01 Jul 2025 06:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44887

Actions (login required)

View Item View Item