Saiq, Ahmad (2025) INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI JARANAN (SINERGI ANTARA KEBUDAYAAN DAN SPRITUAL JARANAN PORONG BANYUWANGI). Masters thesis, UIN KHAS Jember.
![]() |
Text
Tesis - Ahmad Saiq Alifi.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Tesis - Ahmad Saiq Alifi.pdf Download (5MB) |
Abstract
Dr. Imam Turmudi S.Pd., M.M, Dr. Lailatul Usriyah M.Pd.I., Ahmad Saiq Alifi,
2025: “Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Jaranan
(Sinergi Antara Kebudayaan Dan Spritual Jaranan Porong Banyuwangi).
Pendidikan Islam juga harus mampu beradaptasi dengan perubahan zaman
tanpa kehilangan esensinya. Di tengah pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi, pendidikan Islam harus tetap dapat mengajarkan nilai-nilai moral
yang kokoh dan relevan bagi generasi muda. Selain itu, dalam menghadapi
tantangan globalisasi, pendidikan Islam harus mampu mengajarkan peserta didik
untuk memahami dan menghargai keberagaman, serta memiliki kemampuan untuk
bersaing di dunia global tanpa kehilangan identitas budaya dan agamanya. Oleh
karena itu, penting untuk menggali lebih dalam bagaimana nilai-nilai pendidikan
Islam dapat diintegrasikan dalam keseian jaranan dengan cara yang relevan dan
efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi nilai-nilai
pendidikan Islam dalam konteks kesenian jaranan, serta menganalisis tantangan dan
strategi yang dapat diterapkan untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan pendekatan
yang tepat, pendidikan Islam dapat menjadi kekuatan yang mendukung pendidikan
nasional dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang tidak hanya unggul
dalam hal pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga memiliki karakter yang mulia
dan berdaya saing di tingkat global
Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi, 1) Bagaimana Integrasi Nilai-Nilai
Pendidikan Islam Dalam Tradisi Jaranan (Sinergi Antara Kebudayaan Dan Spritual
Jaranan Porong Banyuwangi) 2) Bagaimana bentuk implementasi Integrasi NilaiNilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Jaranan (Sinergi Antara Kebudayaan Dan
Spritual Jaranan Porong Banyuwangi)
Pendekatan yang digunakan penelitian yaitu pendekatan kualitatif
deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan
yang bertujuan untuk mendeskripsikan. Dalam hal ini yaitu integrasi nilai-nilai
pendidikan islam dalam tradisi jaranan (sinergi antara kebudayaan dan spritual
jaranan porong banyuwangi)
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) Nilai-nilai Islam yang
diintegrasikan dalam tradisi Jaranan lintang jaya kusuma, seperti tawakal, sabar,
ikhlas, dan menjaga adab, tercermin dalam setiap aspek pertunjukan. Para pelaku
seni diajarkan untuk memulai setiap acara dengan doa dan pembacaan ayat-ayat AlQur'an sebagai bentuk pengingat akan pentingnya niat yang baik, ketulusan hati,
dan pengabdian kepada Tuhan. Selain itu, unsur-unsur mistis yang pernah ada
dalam tradisi Jaranan digantikan dengan praktik spiritual yang lebih sesuai dengan
ajaran Islam, seperti dzikir dan shalawat 2) Bentuk implementasi diwujudkan dalam
bentuk kegiatan social, seperti gotong royong, bakti social, sambung silaturahmi,
acara pengajian, dll.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | A. Saiq |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 06:55 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 06:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |