Putri Fadjar, Hana Azzahra (2025) Hubungan Antara Employee Engagement Dengan Feedback Seeking Behavior Pada Tim Marketing Industri Start-up. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI HANA BISMILLAH OTW SIDANG (2).pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuanIuntuk mengetahui hubungan antara employee engagement dengan feedback seeking behavior pada tim marketing di industri start-up. Employee engagement merupakan keterlibatan karyawan secara emosional, kognitif, dan fisik terhadap pekerjaannya yang ditandai dengan semangat, dedikasi, dan penghayatan terhadap tugas. Sementara itu, feedback seeking behavior adalah perilaku proaktif individu dalam mencari informasi mengenai kinerjanya sendiri maupun rekan kerja sebagai upaya peningkatan kualitas kerja.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan antara employee engagement dengan feedback seeking behavior pada masing-masing indikator (self positive, self negative, other positive dan other negative) pada tim marketing industri start-up. Selain itu juga mempunyai tujuan untuk mengetahui hubungan antara employee engagement dengan feedback seeking behavior pada tim markeing industri start-up.
Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian berjumlah 65 responden yang merupakan karyawan tim marketing dari berbagai perusahaan start-up di Indonesia yang telah mencapai atau melampaui target kinerja. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Utrecht Work Engagement Scale (UWES) dngan tujuan mengukur employee engagement dengan nilai reliabilitas sebesar 0,960 dan Feedback Seeking Measures (FSM) untuk mengukur perilaku pencarian umpan balik dengan nilai reliabilitas sebesar 0,941.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara employee engagement dan feedback seeking behavior, didapatkan hasil uji hipotesis pada indikator self negative dengan nilai sebesar 0,568, pada indikator self positive dengan nilai sebesar 0,511, pada indikator other negative dengan nilai sebesar 0,567 dan pada indikator other positive dengan nilai sebesar 0,570. Berdasarkan hasil dari uji korelasi product moment pearson dengan kriteria sig < 0,05, yang artinya penelitian ini mendapatkan hasil sebesar p < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa karyawan yang memiliki tingkat keterlibatan tinggi cenderung aktif dalam mencari umpan balik sebagai sarana pengembangan diri dan peningkatan performa kerja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150505 Marketing Research Methodology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam |
Depositing User: | Ms Hana Azzahra Putri Fadjar |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 07:19 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 07:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |