PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, PERSEPSI RISIKO, DAN HARGA EMAS TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI E-MAS PADA APLIKASI BYOND BY BSI

Izzati, Dian Zahra (2025) PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, PERSEPSI RISIKO, DAN HARGA EMAS TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI E-MAS PADA APLIKASI BYOND BY BSI. Undergraduate thesis, UIN KH. AHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
DIAN ZAHRA IZZATI_214105010004 WM fix.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dian Zahra Izzati, 2025: Pengaruh Pengetahuan, Persepsi Risiko, dan Harga Emas Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi E-mas Pada Aplikasi Byond by BSI.

Kata Kunci: Pengetahuan, Persepsi Risiko, Harga Emas, Minat Berinvestasi

Kemajuan teknologi dan informasi memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan. Masyarakat seringkali berbelanja online dan menggunakan e-wallet atau m-banking, sehingga sulit untuk mengontrol pengeluaran dan menyisihkan uang. Salah satu solusi menjaga harta demi memenuhi kebutuhan dimasa depan adalah dengan berinvestasi. Investasi emas menjadi salah satu jenis investasi yang paling banyak diminati oleh banyak orang, karena nilainya yang stabil apabila terjadi krisis ekonomi.
Rumusan masalah dalam Skripsi ini adalah 1) Apakah pengetahuan berpengaruh secara parsial terhadap minat mahasiswa berinvestasi E-mas pada aplikasi Byond by BSI? 2) Apakah persepsi risiko berpengaruh secara parsial terhadap minat mahasiswa berinvestasi E-mas pada aplikasi Byond by BSI? 3) Apakah harga emas berpengaruh secara parsial terhadap minat mahasiswa berinvestasi E-mas pada aplikasi Byond by BSI? 4) Apakah pengetahuan, persepsi risiko, dan harga emas berpengaruh secara simultan terhadap minat mahasiswa berinvestasi E-mas pada aplikasi Byond by BSI?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan secara parsial terhadap minat mahasiswa berinvestasi E-mas pada aplikasi Byond by BSI. 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko secara parsial terhadap minat mahasiswa berinvestasi E-mas pada aplikasi Byond by BSI. 3) Untuk mengetahui pengaruh harga emas secara parsial terhadap minat mahasiswa berinvestasi E-mas pada aplikasi Byond by BSI. 4) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, persepsi risiko, dan harga emas secara parsial terhadap minat mahasiswa berinvestasi E-mas pada aplikasi Byond by BSI.
Dalam penelitian ini, digunakan metodologi kuantitatif, yang memanfaatkan data yang dapat diukur dan dijumlahkan. Pengambilan sampel pada mahasiswa aktif S1 UIN KHAS Jember berjumlah 100 orang dengan teknik purposive sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan kuesioner
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan berpengaruh terhadap minat mahasiswa berinvestasi E-mas pada Aplikasi Byond by BSI, persepsi risiko berpengaruh secara parsial terhadap minat mahasiswa berinvestasi E-mas pada Aplikasi Byond by BSI, harga emas berpengaruh secara parsial terhadap minat mahasiswa berinvestasi E-mas pada Aplikasi Byond by BSI. pengetahuan, persepsi risiko, dan harga emas berpengaruh secara simultan terhadap minat mahasiswa berinvestasi E-mas pada Aplikasi Byond by BSI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Dian Zahra
Date Deposited: 03 Jul 2025 16:20
Last Modified: 03 Jul 2025 16:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45863

Actions (login required)

View Item View Item