ROHMA, WULIDATUL (2025) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS IV DI SD ISLAM TERPADU AT-TAQWA AMBULU JEMBER. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
WATERMARK TESIS WULID.pdf Download (4MB) |
Abstract
Wulidatul Rohma, 2025. Implementasi Metode Pembelajaran Joyfull Learning
Pada Pembelajaran IPAS Untuk Membentuk Karakter Siswa Kelas IV di SD
Islam Terpadu At-Taqwa Ambulu Jember. Tesis. Prodi: PGMI Pascasarjana
UIN KHAS Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Mashudi, M.Pd. Pembimbing
II: Dr. Hj. Umi Farihah, M.M., M.Pd.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Joyfull Learning, IPAS, Karakter Siswa
Berdasarkan hasil observasi yang peneliti peroleh guru saat menerapkan
metode pembelajaran joyfull learning, misalnya saja materi manfaat air bersih anak
mempresentasikan karyanya tentang siklus air perkelompok & praktek proses
penjernian air bersih dengan memakai sabut kelapa. IPAS menurut Zaharai idris
memiiki tujuan agar siswa memahami alam semesta dan hubunganya dengan
kehidupan manusia, dengan begitu karakter siswa yang terpuji akan terbentuk
secara alami melalui proses pembelajaran. Metode yang relevan dengan situasi
tersebut adalah Joyful Learning, sehingga siswa bisa menyerap nilai karakter dalam
pembelajaran & bisa mengaplikasikan dalam kesehariannya.
Fokus penelitian: 1). Bagaimana implementasi metode pembelajaran joyfull
learning pada pembelajaran IPAS kelas IV di SD Islam Terpadu At-Taqwa Ambulu
Jember?. 2). Bagaimana cara membentuk karakter siswa pada pembelajaran IPAS
melalui joyfull learning di SD Islam Terpadu At-Taqwa Ambulu Jember?. Tujuan:
mendeskripsikan & menganalisis: 1). Implementasi metode pembelajaran joyfull
learning pada pembelajaran IPAS kelas IV di SD Islam Terpadu At-Taqwa Ambulu
Jember. 2). Cara membentuk karakter siswa pada pembelajaran IPAS melalui
joyfull learning di SD Islam Terpadu At-Taqwa Ambulu Jember.
Pendekatan yang dilakukan yaitu: kualitatif deskriptif. Jenis pendekatan:
narative research. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi.
Analisis data Miles, Huberman, Saldana. Keabsahan data: triangulasi teknik,
sumber.
Hasil: 1). Implementasi metode pembelajaran joyfull learning pada
pembelajaran IPAS kelas IV di SD Islam Terpadu At-Taqwa Ambulu Jember a).
Teknik persiapan: morning activity, memutarkan video pembelajaran, mengerjakan
soal & dikoreksi bersama, membentuk kelompok belajar. b). Teknik penyampaian:
menjelaskan materi, membuat maket, menjelaskan ulang materi. c). Teknik
pelatihan: menunjukkan gambar & menebaknya, antusias menebak nama dari
gambar, bermain kuis berantai. d). Teknik penutup: assesment akhir bab IPAS,
refleksi bermain teka-teki silang. 2). Cara membentuk karakter siswa pada
pembelajaran IPAS melalui joyfull learning di SD Islam Terpadu At-Taqwa Ambulu
Jember a). kemandirian dan tanggung jawab: mengerjakan soal individu, untuk
menanamkan rasa tanggung jawab: siswa mengoreksi tugasnya. b). kepemimpinan:
memberikan peluang siswa untuk bergantian menjadi ketua kelompok dalam
mengkoordinir temannya dalam menyelesaikan tugas. c). tolong menolong &
kerjasama: memberikan tugas praktek membuat maket berkelompok. d). kejujuran:
memberikan tugas ujian soal uraian dengan sistem pengawasan & kepercayaan dari
guru.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
| Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Bpk Suyitno M. Sos |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 07:33 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 07:33 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
