IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH BANY KHOLIEL BANGSALSARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FINA MARDIANA, 084 121 308 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH BANY KHOLIEL BANGSALSARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
1 cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 DAFTAR ISI.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 BAB I.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB II.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB III.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB IV.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB V.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
27 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fina Mardiana, 2016: Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam di Madrasah Tsanawiyah Bany Kholiel Bangsalsari Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pendekatan saintifik memasukkan
pendidikan karakter dan kreativitas sebagai andalan untuk melahirkan anak-anak
yang berbudi pekerti dan berakhlak mulia serta melahirkan anak-anak yang inovatif
yang mampu mencari alternatif-alternatif dari persoalan atau tantangan masa depan
yang rumit.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah
Tsanawiyah Bany Kholiel Bangsalsari Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) Apa faktor
penghambat dan pendukung dalam implementasi pendekatan saintifik pada mata
pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Bany Kholiel Bangsalsari Tahun
Pelajaran 2016/2017?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan implementasi
pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak; 2) mendeskripsikan faktor
penghambat dan pendukung dalam implementasi pendekatan saintifik pada mata
pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Bany Kholiel Bangsalsari Tahun
Pelajaran 2016/2017.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian studi
kasus, penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling, teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis
data menggunakan model analisis deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:1) Implementasi pendekatan saintifik
pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Bany Kholiel
Bangsalsari Tahun Pelajaran 2016/2017 Pertama tahap persiapan: a) menyiapkan
RPP, b) menyiapkan sumber belajar, c) menyiapkan media pembelajaran. Kedua
tahap pelaksanaan ada lima proses yaitu a) mengamati, b) menanya, c)
mengumpulkan, informasi/mencoba, d) menalar, e) mengomunikasikan. 2) Faktor
pendukung dan penghambat dalam implementasi pendekatan saintifik pada mata
pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Bany Kholiel Bangsalsari Tahun
Pelajaran 2016/2017 diantaranya: a) faktor pendukung seperti adanya media dan
sumber belajar serta antusias siswa; b) faktor penghambat seperti kesulitan dalam
mencari strategi dan kekurangan waktu dalam mengajar

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN SAINTIFIK, AKIDAH AKHLAK
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 14 Sep 2017 03:09
Last Modified: 14 Sep 2017 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item View Item