Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA di SMAN Rambipuji Jember.

Novia Miftahul Janah, - (2021) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA di SMAN Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Progam Studi Tadris Biologi.

[img] Text
Novia Miftahul Janah_T20178058.pdf

Download (14MB)

Abstract

Novia Miftahul Janah, 2021: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA di SMAN Rambipuji Jember. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa sebagai komponen yang mempunyai tanggung jawab untuk meningkatakan kualitas pendidikan. Perubahan positif perilaku siswa yang merupakan hasil dari proses belajar di sekolah dapat dilihat dari hasil belajarnya. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari faktor kognitif, afektif dan psikomotor siswa karena belajar tidak hanya penguasaan konsep teori mata pelajaran saja, tetapi juga penguasaan kebiasaan, persepsi, kesenangan, minat-bakat, penyesuaian sosial, keterampilan, cita-cita, keinginan dan harapan. Salah satu faktor psikologis yang mempengaruhi hasil belajar yang dipandang paling essensial adalah kecerdasan, dan minat. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan kecerdasan emosional siswa kelas X MIPA di SMAN Rambipuji Jember; 2) Mendeskripsikan minat belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMAN Rambipuji Jember; 3) Mendeskripsikan hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMAN Rambipuji Jember; 4) Mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar secara simultan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMAN Rambipuji Jember; 5) Mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar secara parsial terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMAN Rambipuji Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang dilakukan di SMAN Rambipuji Jember. Populasi meliputi seluruh siswa kelas X yang berjumlah 143 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin yang didapat 105 siswa, dengan menggunakan teknik cluter random sampling maka diambil sebanyak tiga kelas yang berjumlah 107 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kecerdasan emosional siswa kelas X MIPA di SMAN Rambipuji Jember dengan kategori sangat tinggi 11%, kategori tinggi 74%, dan kategori sedang 15%; 2) Minat belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMAN Rambipuji Jember dengan kategori sangat tinggi 7%, kategori tinggi 50%, dan kategori sedang 43%; 3) Hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMAN Rambipuji Jember dengan kategori sangat tinggi 79%, dan kategori tinggi 21%; 4) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan minat belajar secara simultan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMAN Rambipuji Jember; 5) terdapat pengaruh signifikan kecerdasan emosional dan minat belajar secara parsial terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMAN Rambipuji Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 25 Mar 2022 02:54
Last Modified: 25 Mar 2022 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5057

Actions (login required)

View Item View Item