Lazuardi, Kunzita (2025) Implementasi Layanan Konseling Islami Berbasis Tafsir Tarbawi Untuk Penangana Siswa Terisolasi Di SMP Al-Furqan Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Kunzita Lazuardi_243206080001.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kata Kunci: Konseling Islami, Tafsir Tarbawi, Siswa Terisolasi.
Studi ini membahas keterisolasian sosial yang dihadapi oleh sebagian siswa di lingkungan SMP Al-Furqan Jember, penelitian ini berfokus pada layanan konseling Islami sebagai pendekatan intervensi. Pendekatan ini dipilih karena diyakini mampu memberikan bimbingan yang komprehensif, tidak hanya dari aspek psikologis, tetapi juga spiritual, dengan berlandaskan pada nilai-nilai dan ajaran Islam. Lebih lanjut, penelitian ini menyoroti penggunaan tafsir tarbawi sebagai landasan teoritis dan praktis dalam layanan konseling.
Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk: 1)Menganalisis penerapan layanan konseling Islami di SMP Al-Furqan Jember. 2) Menganalisis penerapan layanan konseling islami berbasis tafsir tarbawi dengan kebutuhan siswa terisolasi di SMP Al-Furqan Jember. 3) Menganalisis nilai-nilai tafsir tarbawi diintegrasikan dalam penanganan siswa terisolasi di SMP Al-Furqan Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur, observasi partisipatif dan analisis dokumen, kemudian dianalisis dengan model Miles & Huberman (reduksi data, penyajian data, dan verifikasi) serta divalidasi melalui triangulasi sumber dan teori. Teori Tohari Musnamar dipadukan dengan teori Ahmad Munir. Untuk layanan konseling islami berbasis tafsir tarbawi menggunakan kajian Tafsir Al-Misbah M. Quraish Shihab yang digunakan untuk menganalisis peran Tafsir Tarbawi dalam pembinaan fitrah dan pengembangan kepribadian siswa secara utuh spiritual, emosional, dan sosial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan konseling islami diawali dengan identifikasi masalah, dari identifikasi masalah dan pendekatan hubungan yang dilakukan oleh guru BK kemudian diikuti dengan pembinaan yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islami. 2) Penerapan konseling islami berbasis tafsir tarbawi dengan kebutuhan siswa terisolasi melalui tarbiyah (pembinaan potensi) dengan melaksanakan kegiatan reflektif seperti tadabbur ayat dan diskusi tematik (QS. As-Saff: 2-3), Guru BK menuntun siswa menuju kedewasaan berpikir dan berperilaku Islami. 3) Integrasi nilai-nilai tarbawi dalam penanganan siswa terisolasi di SMP Al-Furqan Jember. Konseling menggunakan ayat-ayat tentang ukhuwah Islamiyah, misalnya (QS. Al-Hujurat: 10) dan konsistensi diri melalui (QS. As-Saff: 2-3) yang bertujuan menumbuhkan kesadaran spiritual, empati sosial, dan memotivasi siswa terisolasi untuk berani menyapa serta teman-teman sebayanya untuk bersikap inklusif.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111714 Mental Health 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
| Divisions: | Program Magister > Studi Islam |
| Depositing User: | Ms Kunzita Lazuardi |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 07:34 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 07:34 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
