Pengaruh literasi digital dan efikasi diri terhadap keputusan berwirausaha di pasar wit-witan desa alasmalang

Pangestu, Azmi Arham Tsani (2025) Pengaruh literasi digital dan efikasi diri terhadap keputusan berwirausaha di pasar wit-witan desa alasmalang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad siddiq jember.

[img] Text
Azmi Arham Tsani Pangestu_204105020057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mendorong pentingnya literasi digital
sebagai salah satu faktor penentu dalam pengambilan keputusan berwirausaha
Selain itu, efikasi diri juga berperan sebagai keyakinan individu terhadap
kemampuan yang dimilikinya dalam menghadapi tantangan bisnis. Namun,
walaupun dampak positif yang jelas terlihat banyak masyarakat yang tidak
mengetahui atau pun bisa memahami tentang literasi digital.
Atas dasar pernyataan diatas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai
berikut 1) apakah literasi digital berpengaruh signifikan terhadap keputusan
berwirausaha di pasar wit-witan desa alasmalang banyuwangi , 2) apakah efikasi
diri perpengaruh signifikan terhadap keputusan berwirausaha di pasar wit-witan
desa alasmalang banyuwangi, 3)apakah literasi digital dan efikasi diri
berpengaruh terhadap keputusan berwirausaha di pasar wit-witan desa alasmalang
banyuwangi.
Dalam rumusan tersebut terdapat tujuan dari penelitian ini yakni 1)
menguji dan menganalisis pengaruh signifikan literasi digital terhadap keputusan
berwirausaha oleh pelaku usaha di pasar wit-witan desa alasmalang banyuwangi
2) menguji dan menganalisis pengaruh signifikan efikasi diri terhadap keputusan
berwirausaha oleh pelaku usaha di pasar wit-witan desa alasmalang banyuwangi
3) menguji dan menganalisis pengaruh signifikan literasi dan efikasi terhadap
keputusan berwirausaha oleh pelaku usaha di pasar wit-witan desa alasmalang
banyuwangi
Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan pengambilan sampel nya
menggunkan sampel jenuh dengan penentuan sampel sebanyak 30 sampel.
Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah alat analisis IBM
Stastistik SPSS 25 dengan analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Literasi digital (X1) dan Efikasi diri (X2)
secara silmutan berpengaruh positif terhadap Keputusan berwirausaha (Y) pada
pelaku usaha yang ada di pasar wit-witan desa Alasmalang Banyuwangi. Akan
tetapi secara parsial Literasi digital (X1)tidak berpengaruh terhadap Keputusan
berwirausaha (Y) pada pelaku usaha yang ada di pasar wit-witan desa Alasmalang
Banyuwangi sedangkan variable efikasi diri (X2) berpengaruh positif terhadap
Keputusan berwirausaha(Y) pada pelaku usaha yang ada di pasar wit-witan desa
Alasmalang Banyuwangi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Azmi Arham Tsani Pangestu
Date Deposited: 24 Dec 2025 01:33
Last Modified: 24 Dec 2025 01:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50698

Actions (login required)

View Item View Item