Pengaruh bauran pemasaran jasa pendidikan price dan place terhadap pengambilan keputusan bermukim di Pondok Pesantren Mahasiswa Enterpreneur Nurul Islam 2 Jember tahun pelajaran 2021/2022

Maulidiyah, Syarifatul (2022) Pengaruh bauran pemasaran jasa pendidikan price dan place terhadap pengambilan keputusan bermukim di Pondok Pesantren Mahasiswa Enterpreneur Nurul Islam 2 Jember tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Syarifatul Maulidiyah_T20183140.pdf

Download (3MB)

Abstract

Syarifatul Maulidiyah, 2022: Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Price dan Place Terhadap Pengambilan Keputusan Bermukim di Pondok Pesantren Mahasiswa Enterpreneur Nurul Islam 2 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran Jasa; Price dan Place; Pengambilan Keputusan Bermukim

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang terjadi di pondok pesantren yakni ketika Santriwati di Pondok Pesantren Mahasiswa Enterpreneur Nurul Islam 2 Jember memilih untuk memutuskan bermukim di Pesantren Nuris, tetapi tidak sedikit dari mereka yang lambat laun memutuskan untuk keluar dari pesantren, hal tersebut mendorong peneliti untuk menggali informasi secara mendalam terkait faktor apa yang menjadi penyebab Santriwati yang hingga saat ini masih tetap memutuskan bermukim di Pesantren melalui bauran pemasaran price dan place.

Penelitian ini mempunyai rumusan masalah 1) Bagaimana bauran pemasaran jasa pendidikan price dan place di PPME Nuris 2 Jember tahun pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana pengambilan keputusan bermukim di PPME Nuris 2 Jember tahun pelajaran 2021/2022? 3) Adakah pengaruh yang signifikan terhadap bauran pemasaran jasa pendidikan price dan place dalam pengambilan keputusan bermukim di PPME Nuris 2 Jember tahun pelajaran 2021/2022?

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana bauran pemasaran jasa pendidikan price dan place PPME Nuris 2 Jember tahun pelajaran 2021/2022 2) Mengetahui bagaimana pengambilan keputusan bermukim di PPME Nuris 2 Jember tahun pelajaran 2021/2022 3) Menguji apakah bauran pemasaran jasa pendidikan price (X1) dan place (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan bermukim di PPME Nuris 2 Jember.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi meliputi seluruh Santriwati PPME Nuris 2 Jember. Sedangkan jumlah sampel 114 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Version 16.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bauran pemasaran jasa price rata-rata berkategori sangat setuju dengan 45% dan place berkategori sangat setuju dengan 49% 2) Pengambilan keputusan bermukim rata-rata berkategori sangat setuju dengan 46% 3) Terdapat pengaruh yang signifikan bauran pemasaran jasa pendidikan price dan place terhadap pengambilan keputusan bermukim di PPME Nuris 2 Jember, dengan hasil uji T secara parsial price 0,12 < 0,05 dan place 0,000 < 0,05 artinya kedua variabel tersebut berpengaruh secara parsial, dan uji F dengan nilai F_hitung 59,996 > F-tabel 3,07 artinya kedua variabel tersebut berpengaruh secara simultan terhadap pengambilan keputusan bermukim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mahasiswa Syarifatul Maulidiyah
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:15
Last Modified: 13 Apr 2022 04:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5437

Actions (login required)

View Item View Item