INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM KITAB WASHOYA AL ABA’I LIL ABNA’ DALAM MENINGKATKAN BUDI PEKERTI SANTRI DI MADRASAH DINIYYAH AL-JAILANI BANGSALSARI JEMBER

KAMILUDIN, 084114010 (2016) INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM KITAB WASHOYA AL ABA’I LIL ABNA’ DALAM MENINGKATKAN BUDI PEKERTI SANTRI DI MADRASAH DINIYYAH AL-JAILANI BANGSALSARI JEMBER. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kamiludin, 2016: Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kitab Washoya Al Aba’i Lil Abna’ Dalam Meningkatkan Budi Pekerti Santri Di Madrasah Diniyah Al-Jailani Desa Sukorejo Bangsalsari Jember.

Pendidikan akhlak secara global mengandung dua cakupan yaitu akhlak terpuji dan akhlak tercela. Sedangkan ruang lingkup materi dan subtansi pendidikan akhlak meliputi: akhlak terhadap Tuhan Yang Maha Esa, akhlak terhadap sesama manusia dan akhlak terhadap lingkungan. Atau bisa
disimpulkan sebagai tuntutan tanggung jawab sebagai individu, anggota masyarakat dan sebagai bagian dari umat.
Dalam kitab Washoya Al-Aba’i Lil Abana’ karya Syekh Muhammad Syakir menyajikan pendidikan akhlaq untuk memperbaiki generasi muslim demi terwujudnya manusia yang berakhlaqul karimah Dari latar belakang tersebut, maka fokus penelitian yang diangkat dari skripsi ini adalah: 1) Apa bentuk nilai-nilai akhlak dalam kitab Washoya AlAba’i Lil-Abna’ dalam meningkatan budi pekerti santri Madrasah Diniyyah AlJailani?
2) Bagaimana cara internalisasi nilai-nilai akhlak dalam kitab washoya al aba’i lil abna’ dalam meningkatkan budi pekerti santri madrasah diniyah aljailani?
3) Bagaimana hasil internalisasi nilai-nilai akhlak dalam
kitab washoya al aba’i lil abna’?
Adapun tujuan penelitiannya adalah: 1). Untuk mendiskripsikan bentuk internalisasi nilai-nilai akhlak dalam kitab Washoya Al-Aba’i Lil-Abna’ dalam meningkatan budi pekerti santri Madrasah Diniyyah Al-Jailani. 2).
Untuk mendiskripsikan cara internalisasi nilai-nilai akhlak dalam kitabWashoya Al-Aba’i Lil-Abna’ dalam meningkatan budi pekerti santri Madrasah Diniyyah Al-Jailani. 3). Untuk mendiskripsikan hasil nilai-nilai
akhlak dalam kitab Washoya Al-Aba’i Lil-Abna’ dalam meningkatan budi pekerti santri Madrasah Diniyyah Al-Jailani.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif, wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data dengan menggunakan kualitatif diskriptif, dan keabsahan data menggunakan triangulasi data.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Bentuk
internalisasi nilai-nilai akhlak dalam kitab washoya Al Aba’i Lil Abna’ dalam meningkatkan budi pekerti santri adalah santri dituntut untuk selalu menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya dengan
selalu taat beribadah, bertaqwa, dan ikhlas. Dan dengan melalui proses internalisasi seperti materi, tauladan, praktek, dan motivasi. Sehingga seorang santri dalam merealisasikan internalisasi benar-benar membuahkan hasil
berupa akhlak yang baik seperti suka menolong, taat beribadah, taat dan berakti yang sesuai dengan isi kitab Washoya Al Aba’i Lil Abna’. 2). Cara meningkatkan budi pekerti santri Madrasah Diniyah Al-Jailani dalam kitab
Washoya Al Aba’i Lil Abna’ adalah santri diwajibkan mempunyai akhlak yang terpuji kepada kedua orangtua di rumah dengan selalu mempunyai sikap taat
dan patuh, berbaik hati, berbakti, dan sopan santun. 3). Adapun hasil dari internalisasi nilai-nilai akhlak dalam kitab washoya al aba’i lil abna’selain adalah para santri dalam melaksanakan segala bentuk kegiatan di madarasah
dituntut untuk selalu menerapkan sikap akhlakul karimah kepada ustadz/guru dengan selalu menghormati, taat dan patuh, dan selalu rendah diri tawadhu’ kepada ustadz/guru karena mereka adalah kunci kesuksesan bagi santri- santrinya.
Kata kunci: Internalisasi, nilai-nilai akhlak, dan budipekerti

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, nilai-nilai akhlak, dan budipekerti
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200527 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) > 20052701 Nadlariyat al-Adab (Arabic Literary Theory)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220315 Philosophy of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 18 Sep 2017 02:30
Last Modified: 18 Sep 2017 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/57

Actions (login required)

View Item View Item