M. HASAN BASHRI, 084 091 110 (2016) KOMPETENSI GURU DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF DAN EFEKTIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH ZAINUL IHSAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
DEPAN.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
BASRI_1.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
BASRI_2.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
BASRI_3.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
bab_4.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
BASRI_5.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
!! PUSTAKA.pdf Download (384kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
M. HASAN BASHRI, 2016. Kompetensi Guru dalam Menciptakan Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Efektif di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Ihsan Jatian Pondok Dalem Semboro Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
Guru sebagai pendidik yang mempunyai latar pendidikan yang tinggi dan baik, harus dapat membimbing anak didiknya semaksimal mungkin untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cerdas, cepat, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang baik. Guru sebagai pemegang peranan penting dalam pendidikan harus meningkatkan peranan dan kompetensinya karena proses pembelajaran dan hasil belajar siswa sebagian besar ditentukan oleh peranan dan kompetensi guru. Kompetensi guru merupakan
kemampuan seorang guru dalam melaksanakan kewajiban-kewajibannya secara bertanggung jawab.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana kompetensi guru dalam menciptakan pembelajaran aktif di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Ihsan Jatian Pondok Dalem Semboro Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016 ? 2)
Bagaimana kompetensi guru dalam menciptakan pembelajaran kreatif di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Ihsan Jatian Pondok Dalem Semboro Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016? dan 3) Bagaimana kompetensi guru dalam menciptakan pembelajaran efektif di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Ihsan Jatian Pondok Dalem Semboro Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016?
Tujuan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Ingin mendeskripsikan kompetensi guru dalam menciptakan pembelajaran aktif di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Ihsan Jatian Pondok Dalem Semboro Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016, 2) Ingin mendeskripsikan kompetensi guru dalam menciptakan pembelajaran kreatif di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Ihsan Jatian Pondok Dalem Semboro Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016 dan 3) Ingin mendeskripsikan kompetensi guru dalam menciptakan pembelajaran efektif di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Ihsan Jatian Pondok Dalem Semboro Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode sebagai berikut : a) Observasi, b) Interview dan c) Dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif reflektifnya Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi
sumber.
Kesimpulan dari skripsi ini berdasarkan hasil analisis dari temuan di lapangan bahwa 1) Berdasarkan kompetensi yang dimiliki guru mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, yaitu pembelajaran yang ditandai dengan
keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, baik aktif dalam mengikuti pelajaran, aktif menjawab pertanyaan yang diajukan guru, bahkan aktif bertanya pada saat ada kesulitan ketika mencerna penjelasan yang disampaikan oleh guru, 2) Kompetensi guru dalam menciptakan pembelajaran yang kreatif di Madrasah
Ibtidaiyah Zainul Ihsan Jatian Pondok Dalem Semboro Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016, yaitu guru mengembangkan kegiatan pembelajaran yang beragam; membuat media pembelajaran walaupun sederhana, guru dapat
membuat media pembelajaran maupun membeli yang harus disesuaikan dengan keuangan sekolah. Sedangkan siswa yang kreatif dalam hal merancang atau membuat sesuatu dan menulis atau mengarang, siswa juga harus berusaha berpikir kritis agar mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif dan 3) Kompetensi guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif ditandai oleh penguasaan materi yang akan diajarkan oleh guru, pembelajaran dengan memberikan contohcontoh
kongkrit agar siswa lebih mudah memahami pelajaran, guru menghargai siswa dan memotivasi siswa, dan guru menggunakan metode yang bervariasi.
Sedangkan siswa dituntut menjadi pembelajaran yang efektif dalam arti menguasai pengetahuan dan keterampilan atau kompetensi yang diperlukan dan mendapat pengalaman baru yang berharga dan selalu mengikuti pelajaran dengan
rajin dan sungguh-sungguh sehingga apa yang diberikan guru dapat diserap dan dipahami siswa dengan baik
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF DAN EFEKTIF |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 03:22 |
Last Modified: | 18 Sep 2017 03:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/62 |
Actions (login required)
View Item |