ANALISIS STRATEGI ISLAMIC MARKETING MIX PADA PT SINAR SUKSES BAHAGIA DI PERUMAHAAN CORDOVA RESIDENCE PROBOLINGGO

Aziz, Fathurrahman (2022) ANALISIS STRATEGI ISLAMIC MARKETING MIX PADA PT SINAR SUKSES BAHAGIA DI PERUMAHAAN CORDOVA RESIDENCE PROBOLINGGO. Masters thesis, UIN Khas Jember.

[img] Text
fathurrahman aziz_0839219015.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fathurrahman Aziz, 2022. Analisis Strategi Islamic Marketing Mix pada PT Sinar Sukses
Bahagia di Perumahaan Cordova Residence Probolinggo. Tesis Program Study
Ekonomi Syariah Pascasarjana Univesitas Islam Negeri Jember Pembimbing I: Dr.
H. Misbahul Munir, MM. Pembimbing II: Dr. H. Abdul Rokhim, S.Ag., M.E.I.,
Kata kunci : strategi pemasran, islamic marketing mix
Strategi pemasaran merupakan kegiatan dalam menentukan cara untuk
mendapatkan tingkat keuntungan yang efisien dari pelanggan yang merupakan sasaran dari
kegiatan jual beli tertentu. Strategi tersebut di adopsi dari sektor bisnis yang mana
tujuannya adalah memperoleh kepercayaan, kenyaman dan kepuasan konsumen, secara
logika jika konsumen tidak merasakan dampak tersebut maka kegiatan pemasaran
dianggap belum berhasil. Dan jika P.T. Sinar Sukses Bahagia melakukan kegiatan
pemasaran perumahan cordova residence, maka otomatis juga memiliki strategi pemasaran
yang jitu, mengingat perkembangan sektor perusahaan yang terus berkembang dari waktu
kewaktu. Hal inilah yang mendasari ketertarikan peneliti. Ditambah lagi dari rumor yang
beredar bahwasannya perumahan ini dalam praktiknya menerapkan konsep syariah tanpa
menggunakan label perumahan syriah, menjadikan peneliti semakin tertarik untuk
menganalisa strategi pemasran Islamic marketing mix pada P.T. Sinar Sukses Bahagia di
perumahan cordova residence.
Fokus dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi Islamic marketing mix
terkait dengan formulasi, implementasi dan strategi control Islamic marketing mix pada
P.T. Sinar Sukses Bahagia di perumahan cordova residence Probolinggo.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan memberi gambaran
tentang bagaimana strategi pemasaran Syariah terkait dengan formulasi, implementasi dan
strategi control Islamic marketing mix pada P.T. Sinar Sukses Bahagia di perumahan
cordova residence Probolinggo.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan subjek penelitian menggunakan tehnik puposive. Dan tehnik pengumpulan data
menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Kemudian dicek keabsahaanya
dengan tehnik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi data dan
triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Sinar sukses bahagia sudah menerapkan
islamic marketing mix berdasarkan prinsip syariah. Dengan formulasi: menawarkan produk
terbaik, menawarkan harga yang sesuai kualitas, melakukan transaksi dengan tatap muka
dan menghindari praktik riba, merumuskan iklan dengan media online dan offline denga
landsan kejujuran. Formulasi: mendatangkan bahan produk dari supplier terbaik dan
selektif dalam memilih tega kerja, meyediakan pricelist dan tidak menggunakan bank
dalam transinya, menyediakan fasilitas umum yang mumpuni dan melakukan iklan dengan
facebook ads dan jasa broker property. Control strategi: control strategi: melakukan
croscek setiap bahan datang dan pemantauan buruh tega kerja, audit harga jika perlu,
transaksi dengan penerapan pengikatan jual beli dibawah pengawan notaris, perawatan
fasilitas umum perumahan, pemantaun iklan online secara berkala serta pelatihan rutin
dengan broker property dan kontribusi interaktif dengan ormas alasasan Penerapan strategi
ini karena hal tersebut menurut pemilik perusahaan lebih mudah dan sedikit kemungkinan
timbulnya masalah saat muamalah atau transaksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140203 Economic History
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. fathurrahman Aziz
Date Deposited: 17 May 2022 07:46
Last Modified: 17 May 2022 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6368

Actions (login required)

View Item View Item