ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA MODEL PELAYANAN KONSUMEN UNNI KOREAN FOOD DI KABUPATEN BONDOWOSO

Salamah, Safiratus (2022) ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA MODEL PELAYANAN KONSUMEN UNNI KOREAN FOOD DI KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Safiratus Salamah_E20182042.pdf

Download (5MB)

Abstract

Safiratus Salamah, Dr. Moch. Chotib S.Ag., MM., 2022:Analisis Customer
Relationship Management (CRM) Pada Model Pelayanan Konsumen Unni
Korean Food di Kabupaten Bondowoso.
Pada dasarnya, Customer Relationship Management digunakan untuk
memperoleh dan mempertahankan konsumen serta membangun hubungan jangka
panjang dengan konsumen. Hal tersebut bertujuan untuk memperoleh keuntungan.
Fokus penelitian yang terdapat dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
model pelayanan konsumen pada Unni Korean Food di Kabupaten Bondowoso?.
2) Bagaimana analisis Customer Relationship Management pada Unni Korean
Food di Kabupaten Bondowoso?.
Tujuan penelitian yang terdapat dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk
menganalisis model pelayanan konsumen pada Unni Korean Food di Kabupaten
Bondowoso, 2) Untuk menganalisis Customer Relationship Management pada
Unni Korean Food di Kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan
menggunakan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian dilakukan di Unni
Korean Food yang berada di Jalan Khairil Anwar Gang Melati 2 Badean,
Kabupaten Bondowoso. Penentuan subjek sebagai informan menggunakan teknik
purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan kesimpulan.
Adapun keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Penelitian ini menghasilkan: 1) Pelayanan yang diberikan oleh Unni
Korean Food terhadap konsumen terdiri dari dua model pelayanan yaitu
pelayanan secara langsung dan pelayanan secara digital (online), pelayanan yang
diberikan dijalankan dengan adanya 3 unsur dimensi kualitas pelayanan , 2)
Customer Relationship Management yang diterapkan oleh Unni Korean Food
mampu memaksimalkan nilai yang diberikan oleh pelanggan dimana didalamnya
terdapat 3 aspek penting yang diterapkan yaitu aspek orang yang meliputi
karyawan Unni Korean Food yang memiliki sikap baik terhadap konsumen, aspek
proses yang didalamnya terdapat pelayanan, promosi serta penanganan keluhan
dan aspek teknologi yang menggunakan teknologi berupa wifi, aplikasi whatsapp,
instagram, gojek/grab dan ketersediaan pembayaran cashless.
Kata Kunci: Customer Relationship Management, Pelayanan dan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Safiratus Salamah
Date Deposited: 24 May 2022 01:00
Last Modified: 24 May 2022 01:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6650

Actions (login required)

View Item View Item