Analisis penerapan strategi segmenting targeting dan positioning stp dalam memasarkan produk simpanan: Studi pada BPR Nusamba Rambipuji

Dhani, Fathul Jinan (2022) Analisis penerapan strategi segmenting targeting dan positioning stp dalam memasarkan produk simpanan: Studi pada BPR Nusamba Rambipuji. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FATHUL JINAN DHANI WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fathul Jinan Dhani, 2022: Analisis Penerapan Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning (STP) Dalam Memasarkan Produk Simpanan (Studi Pada BPR Nusamba Rambipuji)

Strategi pemasaran di sebuah perusahaan memegang peranan yang sangat penting. Tujuan dari strategi pemasaran adalah untuk menentukan dan dengan tujuan organisasi serta mengimplementasikan misinya. Salah satu strategi yang sering digunakan adalah strategi Segmenting, Targeting dan Positioning (STP). Segmenting artinya membagi suatu pasar kedalam kelompok-kelompok yang memiliki kebutuhan yang sama. Targeting adalah persoalan bagaimana memilih, menyeleksi, dan menjangkau pasar. Positioning adalah bagaimana perusahaan menempatkan produk yang dibuat kedalam pikiran konsumen.

Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi Segmenting dalam memasarkan produk simpanan di BPR Nusamba Rambipuji? (2) Bagaimana penerapan strategi Targeting dalam memasarkan produk simpanan di BPR Nusamba Rambipuji? (3) Bagaimana penerapan strategi Positioning dalam memasarkan produk simpanan di BPR Nusamba Rambipuji ?

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui penerapan strategi Segmenting dalam memasarkan produk simpanan di BPR Nusamba Rambipuji. (2) Untuk mengetahui penerapan strategi Targeting dalam memasarkan produk simpanan di BPR Nusamba Rambipuji. (3) Untuk mengetahui penerapan strategi Positioning dalam memasarkan produk simpanan di BPR Nusamba Rambipuji.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian menggunakan purposive, dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Strategi segmenting yang diterapkan oleh BPR Nusamba Rambipuji yaitu strategi penguasaan wilayah yaitu dengan cara membuka tujuh kantor kas di berbagai wilayah di Kabupaten Jember, serta mengelompokkan nasabah ke dalam dua variabel yaitu variabel geografis dan demografis. (2) Strategi targeting yang diterapkan oleh BPR Nusamba Rambipuji yaitu menggunakan strategi differentiated marketing, secara umum BPR Nusamba membidik seluruh target pasar yang ada, namun lebih di fokuskan pada masyarakat menengah keatas dan juga cenderung lebih membidik calon nasabah yang berusia diatas tiga puluh tahun. (3) Strategi positioning yang diterapkan oleh BPR Nusamba Rambipuji yaitu menggunakan tiga elemen diantaranya target market, poin diferensiasi dan keunggulan kompetitif.

Kata kunci: Strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Fathul Jinan Dhani
Date Deposited: 14 Jun 2022 08:11
Last Modified: 14 Jun 2022 08:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7430

Actions (login required)

View Item View Item