Pengawasan Tata Usaha dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi di MTs Negeri 5 Tabalong Kalimantan Selatan

Nurfitria, Risma (2022) Pengawasan Tata Usaha dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi di MTs Negeri 5 Tabalong Kalimantan Selatan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Risma Nurfitria_T20183141.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengawasan Tata Usaha, Pelayanan Administrasi
Pengawasan tata usaha merupakan suatu aktivitas menilai, meninjau dan
mencocokkan apakah pekerjaan / kegiatan seperti penyusunan keteranganketerangan secara sistematis dan pencatatannya secara tertulis dengan maksud
untuk memperoleh suatu ikhtisar mengenai keterangan-keterangan itu dalam
keseluruhannya dan dalam hubungannya satu sama lain. Pengawasan pada
dasarnya diarahkan untuk menghindari adanya penyelewengan atau
penyimpangan atas tujuan yang akan dicapai. Melalui pengawasan diharapkan
dapat membantu melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan untuk mencapai
tujuan yang telah direncanakan secara efektif dan efisien.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana proses
pengawasan tata usaha dalam meningkatkan pelayanan administrasi di MTs
Negeri 5 Tabalong Kalimantan Selatan? 2) Bagaimana kendala / hambatan tata
usaha dalam pengawasan pelayanan administrasi di MTs Negeri 5 Tabalong
Kalimantan Selatan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan
model interaktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : 1)
Kondensasi data 2) Penyajian data 3) Kesimpulan, penarika/verifikasi. Metode
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses pengawasan tata usaha dalam
meningkatkan pelayanan administrasi di MTs Negeri 5 Tabalong Kalimantan
Selatan peningkatan pelayanan terlihat dengan adanya pengawasan yang
dilakukan oleh kepala tata usaha maupun kepala madrasah menjadikan setiap staff
memilki inisiatif merubah kualitas pada diri mereka sendiri, untuk menjalan
pelayanan dengan lebih baik. Selain itu dengan adanya masa pandemic covid 19
menjadikan peralihan pelayanan yang semula secara manual berubah menjadi
digital seperti aplikasi yang dimiliki MTs Negeri 5 Tabalong yaitu table time yang
digunakan untuk membuat jadwal pelajaran secara online. Selain itu juga rapat
koordinasi yang biasanya manual yaitu secara tatap muka kini menggunakan
digitalisasi. 2) Adapun kendala / hambatan yang di hadapi oleh tata usaha dalam
pengawasan pelayanan administrasi di MTs Negeri 5 Tabalong Kalimantan
selatan berupa aspek sumber daya manusia yang mana dalam masih mengalami
kekurangan tenaga kependidikan. Untuk aspek sarana dan prasarana masih belum
adanya aula, ruang laboratorium, dan perpustakaan. Dan untuk saat ini kepala
madrasah dan juga kepala tata usaha masih merencanakan akan pembangunan
gedung – gedung tersebut. Tidak hanya itu pada aspek lingkungan ada kendala
yang peneliti temukan seperti halnya pada saat penyampaian berita kepada
masyarakat, terkadang waka humas mengalami kesulitan jaringan saat peng
upload an berita ke media sosial. Dengan itu menyebabkan penyampaian berita
menjadi terlambat kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Risma Nurfitria
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:23
Last Modified: 27 Jun 2022 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7971

Actions (login required)

View Item View Item