Pengaruh Pemanfaatan Pojok Baca terhadap Pembiasaan Budaya Literasi di Kelas VA MIN 3 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Fauziyah, Litsa (2022) Pengaruh Pemanfaatan Pojok Baca terhadap Pembiasaan Budaya Literasi di Kelas VA MIN 3 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Education. (Unpublished)

[img] Text
Litsa Nailul Fauziyah_T20184018.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat literasi di Indonesia berdasarkan uji literasi yang telah dilakukan oleh Programme for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2018, sehingga pemerintah mengeluarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti luhur kepada peserta didik dengan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Salah satu sekolah yang telah menerapkan program GLS ialah MIN 3 Jember. MIN 3 Jember menerapkan GLS dengan memanfaatkan pojok baca sebagai salah satu usaha untuk membiasakan budaya literasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh pemanfaatan pojok baca terhadap pembiasaan budaya literasi di kelas VA MIN 3 Jember tahun pelajaran 2021/2022?. 2) Seberapa besar pengaruh pemanfaatan pojok baca terhadap pembiasaan budaya literasi di kelas VA MIN 3 Jember tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan pojok baca terhadap pembiasaan budaya literasi di kelas VA MIN 3 Jember tahun pelajaran 2021/2022. 2) untuk mengetahui besarnya pengaruh pemanfaatan pojok baca terhadap pembiasaan budaya literasi di kelas VA MIN 3 Jember tahun pelajaran 2021/2022. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 61 dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel 32 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil yang telah diolah, diperoleh data sebagai berikut: 1) Ada pengaruh yang signifikan dengan hasil tabel coefficients perhitungan regresi linier sederhana bahwa nilai Thitung sebesar 4,149 dan nilai Ttabel pada tabel statistik dengan signifikansi 0,05 adalah sebesar 2,042. Karena Thitung (4,149) > Ttabel (2,042) maka, H0 ditolak; 2) Besar pengaruh diperoleh dari koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,365. Hasil R square sebesar 0,365 tergolong kategori interval 0,20 – 0,399, maka dapat disimpulkan bahwa nilai R Square termasuk kategori rendah. Besar persentase pengaruh variabel pojok baca terhadap variabel budaya literasi adalah sebesar 36,5%. Sedangkan 63,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Kata kunci :Pojok Baca, Budaya Literasi, Kelas VA

Item Type: Journal Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Litsa Litsa Fauziyah
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:46
Last Modified: 29 Jun 2022 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8153

Actions (login required)

View Item View Item