PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH ZAINUL YASIN KANIGARAN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NUR IMAMAH NUNGKI FARISTA ALAMI, 084111306 (2016) PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH ZAINUL YASIN KANIGARAN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV NUNGKI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V NUNGKI.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Nur Imamah Nungki Farista Alami, 2016: Pembelajaran Al-Qur’an di
Madrasah Ibtidaiyah Zainul Yasin Kanigaran Probolinggo Tahun Pelajaran
2015/2016.
Al-Qur’an adalah kalam Allah yang merupakan mu’jizat yang diturunkan
(diwahyukan) kepada Nabi Muhammad SAW yang ditulis di mushaf dan
diriwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah ibadah. Sebagai muslim
yang sejati, konsistensi untuk semakin berpegang teguh pada Al-Qur’an semakin
penting manakala dikaitkan dengan kondisi zaman yang cenderung menjauh dari
nilai-nilai Islam dengan dampak kejahatan sosial yang dominan nampak. Dalam
membaca Al-Qur’an agar dapat mempelajari, membaca dan memahami isi dan
makna dari tiap ayat yang kita baca, tentunya kita perlu mengenal, mempelajari
ilmu tajwid yakni tanda-tanda baca dalam tiap huruf ayat Al-Qur’an.
Dari deskripsi di atas, maka peneliti dapat merumuskan fokus penelitian
adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah
Ibtidaiyah Zainul Yasin Kanigaran Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016?, 2)
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Zainul
Yasin Kanigaran Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016?, 3) Bagaimana
Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Yasin Kanigaran
Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan
pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Yasin Kanigaran
Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan
pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Yasin Kanigaran
Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016. 3) Mendeskripsikan Evaluasi
pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Yasin Kanigaran
Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis
penelitiannya studi kasus (case study), sedangkan penggalian atau sumber data
berasal dari dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data dengan
cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Kemudian
pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode.
Adapun beberapa kesimpulan sebagai hasil penelitian ini adalah: pertama,
perencanaan pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Yasin
Kanigaran Probolinggo telah menerapkan Prota, Promes, pengembangan silabus
serta RPP sebagai acuan dalam pembelajaran. Yang telah dipersiapkan terlebih
dahulu oleh guru Sehingga materi apa yang disampaikan oleh guru kepada siswa
sangat signifikan dan prosedural.
Kedua, dari hasil pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an yang diterapkan di
Madrasah Ibtidaiyah Zainul Yasin Kanigaran Probolinggo yaitu dengan
menyampaikan materi huruf hijaiyah baik huruf hijaiyah tunggal maupun hijaiyah
sambung, dan menggunakan media pembelajaran berupa buku panduan, iqro’ dan
alat peraga, serta menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan metode
ceramahnya dan dan strategi inquiri dengan metode tanya jawabnya
Ketiga, dari hasil penelitian bahwa Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an yang
ada di Madrasah Ibtidaiyah zainul Yasin Kanigaran Probolinggo telah sesuai
dengan prosedural yang telah di tetapkan oleh guru yaitu dengan menggunakan
evalusi formatif sebagai proses penilaian awal bagi siswa dengan baca klasikal
simak, dan menggunakan evaluasi sumatif sebagai bentuk penilaian akhir bagi
siswa dengan praktek membaca satu persatu di depan kelas

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN AL-QUR’AN
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 20 Sep 2017 01:47
Last Modified: 20 Sep 2017 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item