Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Dan Minat Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X Man 2 Situbondo Tahun Ajaran 2021/2022

Azizah, Rofiatin (2022) Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Dan Minat Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X Man 2 Situbondo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rofiatin Azizah_T20187045.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Rofiatin Azizah, 2022: Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X MAN 2 Situbondo Tahun Ajaran 2021/2022.
Latar belakang penelitian ini yaitu setiap manusia mempunyai kewajiban untuk menuntut ilmu, ilmu bisa diperoleh melalui pendidikan. Dalam pendidikan baik formal atau non formal akan terjadi pembelajaran. Pemebelajarn tentunya melibatkan guru dan siswa. Setiap siswa mempunyai kecerdasan yang berbeda, salah satunya yaitu kecerdasan interpersonal. Kecerdasan interpersonal dapat digunakan untuk keberlangsungan belajar di dalam kelas. Selain itu, siswa juga mempunyai minat belajar yang berbeda-beda. Minat belajar siswa MAN 2 Situbondo dikatakan masih rendah karena berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika kelas X, sebanyak 25% dari total kelas X selalu telat mengerjakan tugas dan ada yang tidak mengumpulkan tugas serta kecerdasan interpersonal setiap individu yang berbeda-beda.
Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar pada materi trigonometri, 2) untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar pada materi trigonometri, dan 3) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal dan minat belajar secara bersamaan terhadap hasil belajar pada materi trigonometri.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil 60 sampel dari 147 populasi siswa kelas X di MAN 2 Situbondo dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis inferensial dan statistik deskriptif. Pada statistik inferensial menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar materi trigonometri dengan nilai thitung = 2,034 lebih besar dari ttabel = 2,002 pada taraf nyata 0,05. 2) ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar materi trigonometri dengan nilai thitung = 2,475 lebih besar dari ttabel = 2,002 pada taraf nyata 0,05. 3) ada pengaruh kecerdasan interpersonal dan minat belajar terhadap hasil belajar materi trigonometri secara bersama-sama dibuktikan dengan hasil uji F yang diperoleh nilai Fhitung = 6,844 lebih besar dari Ftabel = 3,16 pada taraf nyata 0,05.
Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Rofiatin Azizah
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:47
Last Modified: 05 Jul 2022 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8467

Actions (login required)

View Item View Item