Penggunaan Metode Bermain Peran Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B TK Darma Wanita Persatuan 2 Banyuglugur Situbondo (2021/2022)

Nur Hafiah, Yati (2022) Penggunaan Metode Bermain Peran Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B TK Darma Wanita Persatuan 2 Banyuglugur Situbondo (2021/2022). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yati nurhafiahT20195079.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Yati Nur Hafiyah, 2022: Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B di TK Darma Wanita Persatuan 2 Bayuglugur Situbondo. Kata Kunci: Bermain Peran, Sosial, Emosional Pendidikan anak usia dini sangat berperan penting dalam perkembangan sosial dan emosional. Perlunya sautu metode pendidikan yang membuat pembelajaran lebih menarik dan tentunya efektif. Metode yang tepat digunakan pada anak usia dini yakni metode bermain peran. Fokus penelitian dalam skripsi ini: 1) Bagaimana penggunaan metode bermain peran untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional anak usia dini kelompok B di TK Darma Wanita Persatuan 2 Bayuglugur Situbondo? 2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan sosial emosional anak usia dini kelompok B di TK Darma Wanita Persatuan 2 Bayuglugur Situbondo? 3) Bagaimana hasil penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan sosial emosional anak usia dini kelompok B di TK Darma Wanita Persatuan 2 Bayuglugur Situbondo?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Penggunaan metode bermain peran 2) kelebihan dan kekurangan metode bermain peran 3) Hasil penggunaan metode bermain peran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data condensation (kondensasi data), Data display (penyajian data), Drawing and Verifying Conclusions (Penarikan Kesimpulan danVerifikasi). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Peneitian ini memperoleh kesimpulan 1) Penggunaan metode bermain peran di dalamnya terdapat beberapa langkah-langkah dan metode bermain peran yang digunakan yakni sebagai polisi dengan tema “memahami dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas” 2) Kelebihan penggunaan metode bermain peran yakni melatih sosial dan emosional peserta didik dan kelemahan metode bermain peran yaitu anak yang tidak ikut dalam bermain peran cenderung menjadi kurang aktif dan proses bermain peran membutuhkan waktu yang cukup lama 3) Hasil penggunaan metode bermain peran yakni: peserta didik yang mengikuti kegiatan lebih aktif dan bisa mengekspresikan diri, namun sebagian anak yang tidak ikut dalam bermain peran cenderung menjadi pasif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Yati Nur Hafiah
Date Deposited: 06 Jul 2022 00:39
Last Modified: 06 Jul 2022 00:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8500

Actions (login required)

View Item View Item